Kesehatan

DPRD Ajak Dinkes Maluku Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

2020_01_24-18_56_06_cc1fcef8428197d3dd0beba4097607b7__620x413__share

AMBON,MALUKU – Mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona di provinsi Maluku, DPRD mengajak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku lakukan sosialisasi sejak dini tentang cara pencegahannya di masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Maluku, Hengky Pelata, saat diwawancarai awak media, Rabu (04/03/2020), di kantor DPRD Maluku.

” Kita berharap, berdoa bersama, semoga virus corona tidak berada di Maluku. Harapan kami bagi Dinas Kesehatan dan pemerintah provinsi, tidak lalu kita diam dan memandang ini sesuatu yang biasa. Mari kita bergandeng tangan menyadarkan rakyat, bahkan yang paling penting, sosialisasi terkait simulasi virus corona ini, di dalam pencegahannya seperti apa. Sehingga, perlu ada sosialisasi ke masyarakat,” ajaknya.

Hengky Pelata - Anggota Komisi IV DPRD Maluku

Hengky Pelata – Anggota Komisi IV DPRD Maluku

Anggota Legislatif (Aleg) asal Partai Hanura ini mengatakan, virus corona ini menjadi ancaman bagi dunia teristimewa kami di Maluku. Saat ini belum ada, tetapi pencegahan itu penting. Setiap hari kita memicu karena sudah menjadi isu global, kita mendoakan supaya tidak ada. Kalau bisa, kita minta Dinkes bekerja sama dengan kota/kabupaten, untuk segera mensosialisasikan pencegahan virus corona ini, ke seantero Maluku.

” Bagi Saya, DPRD Provinsi Maluku juga sudah mengambil langkah untuk melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Bukan cuma Komisi IV tetapi secara kelembagaan, kita sudah melakukan koordinasi semua hal yang berkaitan dengan peralatan. Misalnya, masker itu menjadi hal penting dan memang saran kami , masker dilakukan upaya penggandaan lebih banyak,” imbaunya.

Kendati demikian, saran kami Dinkes lebih proaktif, mungkin saja ada yang mengatakan bahwa corona itu hal yang biasa karena belum ada di Maluku. Tetapi, mencegah lebih baik .

Akuinya, sebagai lembaga DPRD, kami juga punya kerinduan untuk bersama-sama dengan Dinas Kesehatan, menangani bahkan, mempersiapkan seluruh peralatan yang berkaitan dengan pencegahan terhadap virus tersebut.

” Kalau hari ini alami keterbatasan masker, kami akan meminta semua apotik yang ada di Maluku, kalau bisa diupayakan gandakan masker. Karena, itu salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka melakukan pencegahan terhadap rakyat,” pintanya.

Melkianus Sairdekut - Wakil Ketua DPRD Maluku

Melkianus Sairdekut – Wakil Ketua DPRD Maluku

Sementara itu, hampir senada dengan Pelata, Melkianus Sairdekut selaku Wakil Ketua DPRD menambahkan, kita tidak bisa memastikan situasi ini akan aman.

Ingatnya, Pak Gubernur sudah perintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan langkah antisipasi Kita berharap antisipasi pertama itu Bandara Pattimura, paling tidak untuk ruang kedatangan atau, fasilitas kedatangan dalam bentuk apapun istilah kesehatannya mesti clear.

” Minimal, alat pengukur suhu tubuh atau apapun, harus ada dan disiagakan pada pintu-pintu masuk kedatangan. Jangan sampai, semua yang turun dari pesawat, langsung keluar. Begitu juga dengan perhubungan laut. Paling tidak, Saya kira itu dua jalur utama yang diantisipasi oleh seluruh pihak, baik itu dari Dinkes, pihak pelabuhan dan Angkasa pura,” imbau politisi asal Partai Gerindra ini. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com