Maluku

Kecerdasan Literasi Informasi Amat Penting

IMG_20200221_141643

AMBON,MALUKU – Frona Koedoeboen, yang menjabat Assisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Bidang Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Umum menuturkan, kecerdasan literasi informasi amat penting.

Hal ini diungkapkan Frona, saat membacakan sambutan Sekda Maluku, Kasrul Selang, pada Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, Jumat (21/02/2020), dari Drs. M. Sangadji ke Pelaksana Tugas, Leonora Soselisa, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku.

” Dalam rangka mewujudkan masyarakat modern, kecerdasan literasi informasi amat penting, mengingat inovasi dan potensi sesederhana apapun, akan tetap bernilai optimal dan menguntungkan, jika kita semua mempunyai peran untuk saling bersinergi, dengan tujuan memantapkan peran dan fungsi Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi, dalam pemberdayaan masyarakat secara berkesimbungan, sebagai upaya mewujudkan peningkatan potensi masyarakat, demi tercapainya pembangunan nasional, mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Dinas-Perpustakaan-n-Arsip-daerah

Sebutnya, hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan, sebagai sumber informasi.

Menurutnya, disini pemerintah berkewajiban mengembangkan sistem nasional perpustakaan dan menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan, sebagai pusat sumber belajar masyarakat dan menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di tanah air.

” Oleh karena itu, diharapkan pula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya, sebagai pembina semua jenis Perpustakaan dan Arsip di daerah, baik itu di bidang pengembangan budaya baca, penataan kearsipan, pengembangan kualitas SDM, peningkatan sarana dan prasarana, kualitas kemasan informasi baik tercetak maupun elektronik serta realisasi pengembangan perpustakaan digital e-Maluku,” harapnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com