Hukum & Kriminal

Bimas Polresta Ambon Sosialisasi Bahaya Miras Dan Narkoba

IMG-20200228-WA0050

AMBON,MALUKU – Bimas Polresta Ambon, melakukan sosialisasi pengaruh miras dan narkoba dalam kehidupan bermasyarakat di Negeri Rohomoni, Jumat (28/02/2020) pagi.

IMG-20200228-WA0051

Tim yang dipimpin langsung Kasat Bimas Polresta Ambon, AKP. Noris Nanuru didampingi Kapolsek Haruku Iptu. Karimudin langsung tatap muka dengan masyarakat.

Dalam arahan, Nanuru mengungkapkan 70 persen laporan kriminalisasi di Polresta Ambon, akibat miras jenis Sopi.

” Angka laporan kriminalitas di Polresta Ambon 70 persen disebabkan karena miras jenis Sopi,” ungkapnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Maluku Tengah ini mengungkapkan, konsumsi miras jenis Sopi bagi masyarakat masih tinggi dan mengakibatkan tingkat kriminalitas juga tinggi.

” Sopi masuk di Negeri Rohomoni karena masyarakat mengkonsumsinya masih tinggi sehingga, pasokan dari luar daerah juga lancar,” jelasnya.

Masyarakat mengangap mengkonsunsi sopi dapat memperkuat diri dan memberanikan diri kepada orang banyak

” Menjadi pemberani bukan karena minuman sopi. Hal ini dapat berdampak kepada negeri-negeri tetangga. Kalau ketemu musuh, minum duduk di pinggir-pinggir jalan kemudian mengganggu orang lewat,” ucapnya.

IMG-20200228-WA0052

Para penjual Sopi dapat dipisahkan karena sudah mempunyai dasar hukum dengan ancaman 1 tahun penjara

Penjual Sopi kena hukuman ancaman dalam pasal 300 KUHP dan pasal 536 KUHP, penjara selama-lamanya satu tahun yaitu, pasal 300 yang berbunyi, barang siapa dengan sengaja menjual atau menyuruh minum-minuman yang memabukkan kepada seseorang yang telah kelihatan nyata mabuk.

” Jadi yang menjual dan yang menyuruh atau memberikan minuman sampai orang mabuk itu kalau diproses 1 tahun, jika perbuatan itu menyebabkan luka pada pada seseorang maka hukuman 7 tahun sudah menanti,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pulau Haruku Iptu.Karimudin mengimbau kepada masyarakat untuk memberantas miras, jika ingin daerahnya maju.

IMG-20200228-WA0049

” Kita sepakat bagaimana caranya Miras yang ada di rumah pribadi, beta minta dukungannya dari Bapak dan Ibu semuanya kalau ingin aman, mari memberantas miras,” harapnya.

Dirinya juga mengharapkan, Kepala Pemerintahan Negeri Rohomoni untuk secepatnya menertibkan Perneg tentang Miras.

” Kami berharap usulan warga untuk secepatnya menerbitkan Perneg tentang Miras untuk mencegah terjadinya tingkat kerawanan kriminalitas di Negeri Rohomoni,” ujarnya. (CR02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com