Maluku

Wagub Pimpin Upacara Peringatan 202 Tahun Perjuangan Martha Christina Tiahahu

IMG-20200102-WA0022

AMBON,MALUKU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, memperingati 202 tahun perjuangan Pahlawan Nasional asal Maluku, Martha Christina Tiahahu yang jatuh setiap tanggal 2 Januari.

Upacara peringatan tersebut, berlangsung di kompleks Patung Pahlawan Nasional Martha Chirtina Tiahahu, di Karang Panjang dan dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno, Kamis (02/01/2020).

IMG-20200102-WA0027

Dalam sambutannya, Wagub mengutip pernyataan dari Bapak Pendiri Bangsa, Presiden Soekarno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

IMG-20200914-WA0055

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku beserta seluruh masyarakat Maluku, Saya menyampaikan terimakasih dan memberikan apresiasi, serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan, oleh Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu,” ungkap Wagub.

IMG-20200102-WA0031

Sebagai keluarga dan ahli waris alhamrhumah, kata Wagub, perjuangan Martha Christina Tiahahu merupakan sebuah kebanggaan abadi, turun temurun bagi keluarga yang patut disyukuri.

“ Kesediaan untuk berkorban, bukanlah sebuah hal yang mudah. Terlebih lagi, ketika kita memiliki posisi, status sosial dan kedudukan yang baik dan nyaman. Secara naluri, kita akan cenderung mempertahankannya sebisa mungkin,” urai Wagub.

IMG-20200102-WA0028

“ Tetapi teladan yang ditunjukan oleh para Pahlawan Nasional kita justru terbalik. Banyak dari mereka bersedia mengorbankan kedudukan, harta benda, keluarga bahkan nyawa sekalipun demi bangsa, negara dan kemerdekaan,” sambungnya.

Atas pengorbanan itu, kata Wagub, mereka (para pahlawan) tidak pernah memikirkan apa imbalan yang akan diterima kelak. Mereka sungguh ikhlas untuk menjalaninya.

IMG-20200102-WA0024

“ Benarlah apa yang dikatakan para pemimpin besar dunia. Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang kamu berikan kepada negaramu,” imbau Wagub.

Mantan Bupati MBD ini mengingatkan, karakter dan nilai kepahlawanan inilah, yang harus ditanamkan dalam diri generasi bangsa masa kini. Tidak boleh terbatas pada sebuah acara seremonial saja. Tetapi harus melakukan aksi dan program kerja nyata, yang bertujuan mewariskan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak cucu ke depan.

IMG-20200102-WA0032

Untuk itu, lanjut Wagub, peringatan Hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, mesti dimaknai sebagai momentum untuk mengingatkan kembali karakter dan nilai kepahlawanan, yang mesti terus hidup dan berkembang dalam diri generasi muda.

Hal ini, tambah Wagub, sejalan dengan tema, “Melalui Peringatan ke-202 Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, Kita wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional, Kreatif, Mandiri dan Berprestasi,”.

IMG-20200102-WA0033

Pemprov Maluku, akui Wagub, akan terus bekerja keras dan bekerja cepat demi peningkatan SDM, sehingga  profesional, kreatif, mandiri dan berprestasi, dengan menata birokrasi sesuai dengan Program Nasional Reformasi Birokrasi, sehingga dapat berpacu dan berlomba, menghasilkan kinerja dan prestasi.

IMG-20200102-WA0029

“ Kita juga akan terus mendorong anak-anak muda kita untuk mengikuti berbagai keahlian dan jenjang pendidikan yang memungkinkan mereka, bisa berkompetisi dalam mengelola sumber daya alam Blok Masela, maupun hasil laut dan perikanan, sehingga pengorbanan yang dilakukan para Pahlawan Nasional tidak akan mubasir begitu saja. Pemerintah Provinsi Maluku bertekad, memuliakan generasi muda Maluku menjadi generasi yang cerdas intelektual, cerdas spiritual dan juga cerdas emosional,” tandas Wagub.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Wakil Gubernur Maluku dan ahli waris di Monumen Pahlawan Nasional Martha Christina Tiuahahu.

IMG-20200102-WA0037

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di laut yang dipimpin Wakil Gubernur Maluku, yang dilaksanakan di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon. Turut tabur bunga, Forkopimda Maluku diantaranya, Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Marga Taufiq, Istri Gubernur Maluku Widya Murad Ismail, Istri Wakil Gubernur Maluku Beatrix Orno, Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang dan para pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku.(humasmaluku)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com