Berita Pilihan Redaksi

PI 10 Persen Blok Masela Ditetapkan, Mercy Barends Dukung Pemprov Maluku

1607(1)

JAKARTA,INTIM NEWS – Ditetapkan Participating Interest (PI) sebesar 10 persen di wilayah kerja blok masela, Mercy Barends beri apresiasi dan mendukung penuh pemerintah provinsi (pemprov) Maluku dengan beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama.

” Sebagai perwakilan anggota legislatif yang berada di Komisi VII DPR RI, sangat mengapresiasi dan menyambut baik hal tersebut. Untuk itu, ada beberapa catatan penting yang menjadi perhatian, meliputi: pertama, kami mendukung penuh pemprov Maluku dalam mempersiapkan BUMD yaitu BUMD Maluku Daya Abadi, sebagai Holding Company yang nantinya akan menangani Blok Masela dan juga anak-anak perusahaan lain dibawahnya, berkaitan dengan minyak dan gas. Untuk mekanismenya, akan ditetapkan lewat peraturan daerah yang ditetapkan bersama dengan DPRD Provinsi Maluku,” kata Mercy, Jumat (10/01/2020).

Kedua, sebutnya, memberikan atensi penuh pada pemprov Maluku untuk mempersiapkan skema pengelolaan hak PI 10 persen dimana, terkait hak kepemilikan saham, apakah dalam bentuk cash money atau bentuk skema dibayarkan dalam bentuk pemotongan dividen (pembagian laba kepada pemegang saham) kepada Pemprov Maluku, setelah produksi pada tahun 2027. Ataupun, ada skema-skema lain yang sifatnya tidak memberikan beban yang sangat besar kepada APBD Provinsi Maluku.

MASELA+Ilustrasi.7

Ketiga, jelasnya, mendorong pemprov Maluku agar mengadakan rapat kerja khusus secepatnya, terkait persiapan implementasi PI 10 persen Blok Masela, bersama perwakilan anggota DPR dan DPD RI serta semua pihak yang terlibat, sebagai pemangku kebijakan. Hal ini, guna untuk berbagi peran dan tanggung jawab, di wilayah kerja masing-masing.

Pada poin keempat, Srikandi PDI Perjuangan ini mengajak, kita bersama-sama mengawal proses implementasi pengelolaan ladang abadi Blok Masela ke depan, lewat berbagai kebijakan melalui fungsi anggaran, legislasi maupun pengawasan untuk mendukung pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, dalam mempersiapkan diri menjemput hadirnya industri Gas Abadi Blok Masela di Maluku.

” Sebagai informasi, di tahun 2022, kegiatan konstruksi Blok Masela ini dilakukan, maka sementara tahun ini Inpex dan SKK Migas tengah melakukan indentifikasi dan mencari buyer (pembeli) gas hasil produksi Blok Masela. Harapannya, akan didapatkan sebanyak tiga buyer untuk Blok Masela, guna menjaga hasil produksi dalam jangka panjang ke depannya. Dengan adanya surat resmi dari SKK Migas ini, maka sebagai Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Maluku, memberikan dukungan penuh kepada Pemprov Maluku,” ungkap Mercy sembari berharap.

Sekedar tahu, surat resmi dari Satuan Kerja Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) , dikeluarkan kepada Gubernur Maluku tertanggal 20 Desember 2019 dengan Nomor SRT-0886/SKKMA0000/2019/S9, perihal Partisipasi Interes 10 persen di Wilayah Kerja Masela. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com