Hukum & Kriminal

Kemenkumham Maluku Gelar Sertijab Kalapas Kelas IIA Ambon

IMG-20200117-WA0046

AMBON,MALUKU – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Maluku, menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) dan Pisah Sambut Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Ambon dari La Samsudin kepada Kalapas yang baru, Saiful Sahri.

Prosesi sertijab dan pisah sambut yang dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIA Ambon, Jumat (17/01/2020) di Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil)  Hukum dan Ham Maluku, Andi Nurka.

Andi Nurka - Kakanwil Kemenkumham Maluku

Andi Nurka – Kakanwil Kemenkumham Maluku

Pantauan INTIM NEWS, sertijab ditandai dengan penandatanganan berita acara serta penyerahan memo kerja dari Kalapas lama kepada Kalapas yang baru itu, dihadiri oleh perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku, perwakilan Kepala BNNP Maluku, Perwakilan Kejari Ambon, Perwakilan Kepala BLK Ambon, Perwakilan Ditresnarkoba Polda Maluku, perwakilan Kapolresta Pulau Ambon, perwakilan Kapolsek Baguala, Danyon 733 Raider Masariku, para Kadiv Kanwil Maluku, Kepala UPT PAS se Kota Ambon, Kepala Kanim Kelas I TPI Ambon, Kepala Desa Negeri Lama, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Andi Nurka menyampaikan terimakasih bagi Kalapas lama, La Samsudin yang selama memimpin Lapas Ambon, kemajuannya cukup pesat. Walaupun diakui, bahwa mengurus Lapas sebagai miniatur negara itu, tidak semudah membalik telapak tangan,

IMG-20200117-WA0041

” Koordinasi dengan intansi terkait, koordinasi dengan pimpinan sudah maksimal. Tinggal bagaimana Kalapas yang baru, dapat mempertahankan apa yang baik itu dan bila perlu ditingkatkan,” harap Kakanwil.

Menurutnya, peningkatan kinerja berkaitan dengan upaya menjadikan Lapas Kelas IIA Ambon, sebagai Lapas yang masuk dalam kategori WBK dan WBBM yang sebelumnya, diperjuangkan Kalapas lama namun belum berhasil, agar dapat dilanjutkan. Namun, dengan pembenahan internal yang dimulai dari pelayanan publik yang lebih ramah, agar upaya tersebut dapat tercapai.

” Ini pekerjaan rumah bagi kita, tidak hanya Lapas tetapi juga, Kanwil agar dapat mendorong agar apa yang dicita-citakan bagi Lapas ini untuk mendapatkan zona intergritas, dapat tercapai,” tandasnya.

IMG-20200117-WA0032

Tidak lupa, Kakanwil juga menyampaikan selamat bertugas bagi La Samsudin sebagai salah satu Kepala Bidang, di Kanwil Kemenkumham Manado, Sulawesi Utara.

” Tidak menutup kemungkinan, Pak La Samsudin juga akan kembali ke Maluku dalam posisi yang berbeda. Jadi ini hanya sementara perginya, sama seperti Saya dulu di Maluku kemudian keluar dan keluar lagi dan kemudian kembali lagi. Hal itu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi,” katanya.

Sementara itu, La Samsudin dalam pesan dan kesannya, menyampaikan terimakasih bagi para pegawai yang selama ini, telah mampu bekerjasama dengan baik , saat kepemimpinan dirinya.

IMG-20200117-WA0038

Akuinya, memimpin hampir 3 tahun di Lapas Kelas IIA Ambon, memang bukan waktu yang singkat, namun disadari sungguh, masih banyak yang perlu dibenahi. Salah satunya yang menjadi tanggungjawab besar belum terpenuhi adalah, menjadikan Lapas Kelas IIA Ambon masuh sebagai zona WBK-WBBM.

” Perjuangan kami kemarin sampai ke MenpanRB, namun belum berhasil. Mungkin nanti dikepemimpinan baru ini, hal itu dapat terealisasi,” harapnya.

Diakhir kesannya, La Samsudin meminta doa dari rekan- rekannya dijajaran Kemenkumham Maluku untuk melanjutkan tugasnya di Kanwil Sulawesi Utara.

IMG-20200117-WA0031

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Kelas IIA Ambon yang baru, Saiful Sahri dalam sambutannya menyebutkan, dirinya akan berupaya untuk membenahi apa yang menjadi kekurangan dan tetap mempertahankan apa yang baik yang telah dilakukan.

IMG-20200117-WA0049

” Bagi teman-teman (pegawai-red) apa yang telah diberikan pada Kalapas yang lama, diharapkan juga dapat diberikan kepada Saya. Biar kita sama-sama maju. Para mitra terkait, Saya juga minta kerjasamanya untuk memajukan Lapas ini, demi melihat basudara kita yang ada didalam (warga binaan-red),”tutup dan pintanya. (CR02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com