Maluku

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Mercy Barends Konsentrasi Perkuat Literasi Media

IMG_20191207_123609

AMBON,MALUKU – Lakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara di daerah pemilihan (dapil) Maluku, Sabtu (07/12/2019), Mercy Barends lebih tekankan pentingnya konsentrasi untuk memperkuat literasi media. Pembahasan ini dilakukan melalui tatap muka bersama masyarakat di Soya Kecil, Mardika, Kota Ambon.

” Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kali ini, memberikan konsentrasi terhadap bagaimana kita memperkuat literasi media, menjadi literasi media yang cerdas. Dimana isu-isu yang diangkat adalah, isu-isu yang berkaitan dengan penguatan sumber daya manusia, isu kemiskinan, isu pengelolaan sumber daya alam yang mensejahterakan masyarakat,” sebut Mercy.

Mercy Barends - Anggota DPR RI

Mercy Barends – Anggota DPR RI

Secara terperinci, dirinya menerangkan, sumber daya manusia Maluku kita percakapkan, sebagai Anggota DPR RI dari dapil Maluku, bagaimana menyikapi persoalan pendidikan dasar adalah aksesibilitas dan keterjangkauan masyarakat untuk bisa mengakses pendidikan.

” Tanggung jawab kita adalah, bagaimana masyarakat dimudahkan untuk bisa mengakses pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar, SMP,SMA, sampai dengan Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Srikandi PDI Perjuangan ini menuturkan, karena ada pembagian kewenangan, SD dan SMP diserahkan pengelolaan nya ke pemerintah kabupaten/kota, SMA kepada pemerintah provinsi dan perguruan tinggi kepada kami yang ada di pemerintah pusat, maka harus berupaya maksimal untuk bisa menyelaraskan kebijakan pendidikan yang ada di Maluku.

” Inikan pendidikan berbasis kepulauan. Jadi kita tidak bisa menarik semuanya masuk Ambon tetapi kita menggeser masuk di wilayah-wilayah pertumbuhan yang baru. Makanya kenapa di MBD sekarang, sudah ada pendidikan utama diluar kampus Unpatti. Di Aru sudah ada lagi, pendidikan diluar kampus Unpatti, cabang juga yang ada di Aru. Ini salah satu pemerataan pendidikan yang ada di Maluku,” tuturnya.

IMG_20191207_123554

Menurut dia, program-program yang berkaitan dengan akses masyarakat dengan generasi muda yang di dalamnya pelajar, mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan advokasi mulai ditingkatkan, di berbagai kawasan yang ada di Maluku. Termasuk bagaimana bisa mengakses, berbagai bantuan-bantuan kerja sama yang sudah MoU antara Unpatti dengan Kementerian ESDM, Blok Cepu, pemerintah daerah, dengan berbagai perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi nasional pemerintah maupun swasta yang tersebar di Indonesia.

IMG_20191207_123522

” Jadi, semua upaya ini kita galakkan terus. Kuncinya 1 saja, index pembangunan manusia Maluku itu tinggi, cuma ada 3 hal. Pertama, pendidikan kita selesai kan. Kedua, kesehatan kita bereskan dan ketiga, ekonomi kita berdayakan. 3 hal ini tuntas, daerah berkembang dan maju. Karena kualitas sumber daya manusia, kita jawab dengan meningkatkan kualitas kehidupan manusia Maluku nya,” sebutnya lagi. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com