Kesehatan

SAKA POM Maluku Gelar Beragam Kegiatan

IMG-20191214-WA0051

SULI,MALUKU – Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) menggelar beragam kegiatan, Sabtu (14/12/2019) , di Bumi Perkemahan Lorihua, Pusdiklatda Kakehang Kwarda Maluku, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Beragam kegiatan tersebut yakni, sosialisasi, perkemahan dan pelantikan SAKA POM Penegak dan Pandega sebagai Krida Pengujian Obat dan Makanan, Krida Pemeriksaan Obat dan Makanan serta Krida Pemberi Informasi Obat dan Makanan.

Sekretaris Kwarda Maluku, Joseph Banea, dalam sambutannya menjelaskan, SAKA POM dibentuk dengan tujuan sebagai wadah kegiatan khusus, dalam bidang pengawasan obat dan makanan.

Joseph menerangkan, SAKA POM merupakan sarana dan wahana dalam memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda, dalam bidang pengawasan obat dan makanan, sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka penegak dan pandega yang diharapkan, menjadi agen perubahan serta menjadi pelopor kesehatan pemanfaatan dan pengawasan, terhadap distribusi penggunaan obat dan makanan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Sebab walaupun kesehatan bukan segalanya namun, tanpa kesehatan segalanya tidaklah berguna.

IMG-20191214-WA0052

Dikatakan lagi, salah satu modal pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang berkualitas, dalam arti secara fisik , mental dan sosial serta produktif.

” Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut tentunya, dibutuhkan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus-menerus . Salah satunya adalah, melalui kegiatan pramuka khususnya SAKA POM,” sebutnya.

Akuinya, dalam memantapkan operasionalisasi pelaksanaannya maka, perlu adanya dukungan dari sisi organisasi . Baik majelis pembimbing, maupun pimpinan SAKA POM daerah Maluku. Penguatan organisasi, perlu ditunjang oleh sumber daya manusia anggota dewasa yakni , personil pengurus yang berkualitas, amanah dan bertanggung jawab.

Diharapkan, ujarnya, pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pimpinan SAKA POM tingkat daerah Maluku masa bakti 2019-2024, dapat bekerja sama, bekerja keras dan bekerja cerdas, sesuai dengan tanggung jawab yang diemban mencapai tujuan yang dicapai bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SAKA POM Iriani menambahkan, SAKA POM merupakan salah satu unsur memberdayakan masyarakat, sebagai perpanjangan tangan dari Badan POM karena, tidak mungkin bisa bekerja mengawasi sendiri . Oleh karena itu, kita akan melatih mereka sesuai dengan bidang yang mereka pilih.

” Ada tiga (3) krida yang akan kita pakai pengujian sederhana sepert,i test skin reaksi kimia, pemantauan obat dan makanan dan pemberian informasi. Jadi nantinya, setelah mereka belajar baru bisa diteruskan kepada orang di sekitarnya,” ungkap Iriani.

Lanjutnya,waktu pengujian akan dilakukan melewati tahap belajar selama enam (6) bulan dan setiap minggu akan ada 1 modul. Kemudian minggu berikutnya, 1 modul lagi dan seterusnya sampai batas waktu pengujian yang sudah ditentukan.

” Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 240 orang , dari gugus depan dengan perwakilan dari masing-masing sekolah 8 sampai dengan 10 orang,” tutupnya. (CR01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com