Maluku

Bupati KKT Resmikan Perubahan Status Dusun Kainara Menjadi Desa Persiapan

IMG-20191216-WA0037

KAINARA,MALUKU – Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Petrus Fatlolon, Minggu (15/12/2019), meresmikan Perubahan Status Dusun Kainara menjadi Desa Persiapan Kainara, di Kecamatan Tanimbar Utara dengan Desa Induk Ritabel.

Informasi yang diterima INTIM NEWS, acara dilaksanakan di Gedung Gereja Imanuel , Jemaat GPM Kainara dan dihadiri oleh pimpinan serta anggota DPRD kabupaten, pejabat struktural, tokoh agama, pemerintah desa serta tokoh adat.

IMG-20191216-WA0034

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Somalay Batlayeri, dalam laporannya menyampaikan, berbagai tahapan administrasi maupun survei, telah dilakukan sampai dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati , nomor 38 Tahun 2019 tentang, Pembentukan Desa Persiapan Kainara di Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan dikeluarkannya Kode Register Desa Persiapan oleh Gubernur Maluku, berdasarkan surat nomor 140/4211 tanggal 27 November 2019, sehingga Desa Persiapan Kainara dapat diresmikan oleh Bupati Kepulauan Tanimbar.

Sementara itu, Bupati KKT, Petrus Fatlolon, dalam sambutannya seusai menandatangani prasasti peresmian dan melantik penjabat Kepala Desa Persiapan Kainara menyampaikan apreseasinya, kepada Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Dearah beserta staf, yang telah bekerja dengan maksimal sehingga, komitmennya sejak dilantik sebagai Bupati tanggal 22 Mei 2017 yang lalu , untuk meningkatkan status dusun maupun pemukiman di wilayah KKT, menjadi Desa dapat terwujud.

“ Peningkatan status dusun menjadi desa, bermaksud untuk memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan. Bayangkan untuk urusan surat keterangan saja, masyarakat dari Dusun Kainara harus melintasi laut ke desa induk, dengan biaya yang cukup mahal. Apabila dusun ini sudah berstatus desa, maka semua administrasi pemerintahan maupun kependudukan yang dibutuhkan masyarakat, dapat dilayani disini,” jelas Bupati.

IMG-20191216-WA0036

Selain itu, Bupati menuturkan, peningkatan status dusun menjadi Desa Persiapan ini, agar ada percepatan pembangunan.

“ Saya berharap agar Penjabat Kepala Desa Persiapan yang baru dilantik, dapat menyusun program-program yang sifatnya prioritas, bagi pembangunan di Desa Persiapan Kainara, terutama yang terkait dengan air bersih. Karena saya melihat masyarakat disini, agak kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” tegasnya.

IMG-20191216-WA0035

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berharap kepada seluruh komponen masyarakat, agar memberikan dukungan penuh kepada penjabat yang baru dilantik ,ndalam melaksanakan tugasnya dan memastikan , Desa Persiapan Kainara menjadi Desa Defenitif nantinya. (Humas Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com