Maluku

Pertama Dalam Sejarah, Pecatur Maluku Lolos PON

IMG-20191126-WA0092

BERASTAGI,INTIM NEWS – Pecatur Maluku, Master Nasional (MN) M. Ishak Rianjar akhirnya melangkah ke PON XX tahun 2020 di Papua.

Langkah Ishak Rianjar ini, sekaligus membuat sejarah baru, untuk pertama kalinya dalam sejarah olahraga catur di Maluku, pecatur daerah ini meraih tiket PON melalui kompetisi Pra PON.

Tiket PON XX tahun 2020 di Papua, berhasil dikantongi Ishak Rianjar setelah pada babak 7, yang merupakan babak terakhir Play Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra yang berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (26/11/2019) bermain remis dengan MN Arief Rahman asal Kalimantan Barat.

Hasil remis tersebut, membuat secara keseluruhan hingga babak 7 berakhir. Ishak Rianjar mengantongi 5 poin. Sebenarnya, Ishak Rianjar dan MN Adhi Margana Rahmatullah dari Lampung, sama-sama mengantongi 5 poin. Walau begitu, dalam pertandingan sebelumnya Ishak Rianjar menang atas MN Adhi Margana Rahmatullah.

Sebelumnya pada babak 1, Ishak Rianjar kalah dari Master Fide (MF) Khairul Anam asal Jawa Timur. Selanjutnya , pada babak 2 menang atas MN Adhi Margana Rahmatullah dari Lampung, babak 3 menang WO atas Eri Purnomo asal Bengkulu, babak 4 menang atas Abu Ali dari Kalimantan Selatan, babak 5 menang atas Andi Balladho Aspat Colle asal Sulawesi Tenggara, babak 6 ditahan remis oleh Kahfi Maulana dari Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dan babak 6 ditahan remis oleh MN Arief Rahman dari Kalimantan Barat.

Hasil akhir pertandingan Play Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra, berakhir menempatkan Kahfi Maulana asal DI Yogyakarta di peringkat 1 (6,5 poin), disusul MN M Ishak Rianjar di peringkat 2 (5 poin), disusul MN Adhi Margana Rahmatullah asal Lampung 5 poin, Master Fide (MF) Khairul Anam dari Jawa Timur 4 poin, MN Arief Rahman asal Kalimantan Barat 4 poin, Andi Balladho Aspat Colle dari Sulawesi Tenggara 2 poin, Abu Ali dari Kalimantan Selatan 1 poin dan Eri Purnomo asal Bengkulu , 0 poin.

Sesuai keputusan Rakernas Percasi tahun 2019 di Ambon, akhir Oktober 2019 lalu, pecatur peringkat 1 dan 2 Play Off Kategori Perorangan Putra , berhak tampil di PON XX/2020 di Papua. Dari hasil tersebut, maka Kahfi Maulana (DI Yogyakarta) dan MN M Ishak Rianjar berhak tampil di PON.

Menyikapi hasil Play Off Pra PON tersebut, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku, Edwin Adrian Huwae menyampaikan apresiasi kepada Ishak Rianjar, yang telah berjuang hingga berhasil meraih tiket PON.

“ Pengprov Percasi Maluku memberikan apresiasi kepada Ishak Rianjar yang telah berjuang, hingga berhasil meraih tiket PON. Ini untuk pertama kalinya ada pecatur Maluku yang tampil di ajang PON dan lolosnya pun melalui kompetisi PRA PON,” kata Huwae di Ambon, Selasa (26/11/2019).

Dikatakannya, Percasi Maluku juga memberikan apresiasi kepada para pihak yang turut mendukung perkembangan olahraga catur di Maluku, sehingga melahirkan pecatur-pecatur muda yang secara perlahan mulai menunjukkan prestasinya, di tingkat nasional.

“ Ke depan kita akan melakukan proses pelatihan sebelum MN Ishak Rianjar tampil di PON XX/2020 – Papua nantinya,” ujarnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com