Lintas Peristiwa

Jago Merah Mengamuk, Hanguskan 7 Rumah Warga Di Watdek Maluku Tenggara

IMG-20191112-WA0004

MALRA,MALUKU – Jago merah (api-red) kembali mengamuk. Kali ini, jago merah menghanguskan 7 rumah milik warga di kelurahan Watdek, Ohoijang, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Senin siang (11/11/2019).

Pantauan INTIM NEWS di lokasi, peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 13.45 Wit. Api diduga pertama kali muncul dari rumah milik keluarga Ngaja. Api dengan cepat membakar ruang kamar yang dipenuhi benda mudah terbakar lainnnya. Api pun dengan cepat merambat ke badan rumah, kemudian api menjalar ke rumah tetangga bagian belakang kiri dan kanan, lantaran angin yang bertiup cukup kencang dan kondisi panas akibat terik matahari.

IMG-20191112-WA0001

Upaya pemadaman berusaha di atasi warga setempat, dengan bantuan dari warga di bantu aparat TNI dan Polri, dengan menggunakan peralatan seadanya.

Baru sekitar 10 menit kemudian, datang satu unit mobil tanki air komersil, disusul dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar), bersama petugas pemadam kebakaran dari Kota Tual dan Kabupaten Malra, di bantu lagi beberapa mobil tanki air komersil dan mobil tanki air dari Dinas PU Malra dan Kantor Padam Malra, datang untuk menjinakkan Api.

Hampir dua jam lebih petugas damkar dibantu warga dan personil TNI-POLRI, anggota Satpol PP Malra, juga beberapa PNS lingkup Malra, berjibaku untuk menjinakkan api. Api baru dapat dikuasai dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 Wit .

IMG-20191112-WA0003

Peristiwa naas tersebut, mengakibatkan 7 rumah warga terbakar. Dengan rincian, 5 rumah warga habis terbakar tersisa puing bangunan. Sementara 2 rumah mengalami rusak ringan karena terbakar tidak terlalu parah. Kendati demikian, beruntung peristiwa kebakaran tersebut, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Berikut nama-nama pemilik rumah korban kebakaran. 5 unit rumah yang hangus total yakni, rumah milik Kahar Ngaja (Mertua dari Siti Ngaja), Budi Susanto, Galib Rumlus, Ambarak Albram dan rumah milik Faizal Ja’far Alkatiri. Sementara rumah milik Rizal Alkatiri dan Rahman Yapono, mengalami dampak kebakaran dan rusak ringan.

Diketahui, kronologis kejadian dari Siti Ngaja korban kebakaran, diduga awal munculnya sumber api di rumahnya itu, dengan haru Siti menuturkan, saat kejadian, dirinya hanya bersama anaknya Zahwan yang berumur 4 tahun dan keponakannya Dila 21 tahun berada di dalam rumah.

IMG-20191112-WA0002

“Saat kejadian beta (saya-red), ada di dalam kamar mandi di bagian belakang dan belum sempat mandi, tiba-tiba ada asap. Pas beta keluar kamar mandi, ada bunyi ledakan paling besar. Lalu api tiba-tiba muncul di kamar tengah bagian plafon, beta langsung keluar matikan sekring lampu dan minta bantu sepupu bawa keluar Zahwan. Selanjutnya, beta keluar teriak-teriak minta tolong. Setelah itu, beta kembali masuk ke dalam rumah, berusaha ambil ember untuk siram api tetapi asap sudah tutupi rumah, lalu beta lari selamatkan diri, tanpa bisa menyelamatkan harta benda satupun, karena api sudah terlanjur membesar,”kisahnya. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com