Ekonomi

Mukab II KADIN, Momen Kebangkitan Dunia Usaha Di Kabupaten Malra

IMG-20191019-WA0095

MALRA,MALUKU – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) , menggelar Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke- ll yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Langgur, Sabtu (19/10/2019).

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Martinus Mon, menyampaikan, Mukab ll KADIN merupakan momen kebangkitan dunia usaha di Kabupaten Malra.

” Musyawarah kabupaten ll KADIN, merupakan momen kebangkitan dunia usaha di Kabupaten Malra. Olehnya itu, menjadi pengusaha membutuhkan pribadi-pribadi yang tangguh, ulet dan berpikir jauh ke depan. Pengusaha harus memiliki karakter produktif serta mampu bekerja kreatif , inovatif untuk menciptakan peluang -peluang, khususnya peluang usaha yang memiliki nilai ekonomis, serta mampu mendorong akselerasi pembangunan Kabupaten Malra,” ujar Bupati.

Bupati menuturkan, KADIN sebagai organisasi mitra strategis Pemerintah, di tingkat nasional maupun daerah, meminta pengusaha agar mampu membaca peluang usaha yang ada di Malra.

IMG-20191019-WA0094

” Sektor pariwisata dan Perikanan, menjadi andalan di Malra. Untuk itu, dibutuhkan keberanian yang besar dari pengusaha , untuk melihat peluang yang ada, serta mengkomparasikan ke dalam sektor usaha yang menjanjikan,”katanya.

Sementara itu, Ketua KADIN Maluku, Muhlis Rumbia, memaparkan, KADIN adalah satu-satunya organisasi dagang dan industri yang ditetapkan dengan Undang-Undang, sehingga diharapkan, KADIN dapat berperan aktif untuk membantu Pemerintah Kabupaten Malra dan Kota Tual.

Sehubungan dengan tema yang diusung, Muhlis berharap , Ketua KADIN terpilih dan seluruh jajaran, dapat meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan Pemkab Malra, sehingga semua program yang ditetapkan dapat disinergikan, dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

” Sebagai mitra pemerintah, KADIN Malra diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan KADIN Maluku dan KADIN Indonesia, dalam hal mempromosikan sumber daya alam sehingga, dapat mendatangkan investor nasional ke Malra,” pungkasnya.

Senada dengan Ketua KADIN, karateker Ketua KADIN Malra, Franciskus Setitit, mengatakan, KADIN telah memenuhi standar regulasi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sehingga , memperoleh legalitas dan legitimasi.

Setitit menjelaskan, KADIN merupakan suatu badan organisasi yang anggotanya terdiri atas para pengusaha atau gabungan himpunan asosiasi usaha nasional dan daerah di berbagai sektor, baik swasta maupun pemerintah.

” Kehadiran KADIN bertujuan, mewujudkan dunia usaha nasional yang kuat, berdaya cipta dan berdaya saing tinggi dan profesional, dalam rangka mewujudkan kehidupan ekonomi dalam dunia usaha yang sehat dan tertib,” ujar Setitit.

IMG-20191019-WA0096

Menurutnya, KADIN berfungsi sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi dan representasi , konsultasi, fasilitasi dan advokasi bagi pengusaha nasional dan daerah, antara para pengusaha dan pemerintah juga pengusaha dalam dan luar negeri.

Dirinya menambahkan, berkaitan dengan perdagangan dan perindustrian serta jasa, yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi , dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih , transparan dan profesional serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi untuk dapat mencapai tujuan, sebagaimana perintah Undang-Undang.

“Untuk itu, KADIN Maluku Tenggara sesuai tujuan , fungsi dan tugas pokok, akan menyebar luaskan informasi mengenai kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Malra, di bidang ekonomi kepada pengusaha nasional, melalui jenjang tingkatan dewan pengurus provinsi dan dewan pengurus KADIN Indonesia,” tandasnya.

Sekedar tahu, Mukab II KADIN dihadiri oleh anggota luar biasa dan anggota biasa, masa bakti 2019 – 2024 dengan mengusung tema, ” Optimalisasi Fungsi dan Peran KADIN Kabupaten Malra Dalam Sinergitas Pembangunan Perekonomian Daerah ” . (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com