Maluku

Kabupaten Kepulauan Kei Nama Yang Tepat Untuk Kei Ke Depan

IMG-20191005-WA0035

JAKARTA,INTIM NEWS – Gagasan pergantian nama Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjadi Kabupaten Kepulauan Kei, yang dibuat dan sedang diupayakan keabsahannya oleh Pemerintah Kabupaten Malra dibawah kepemimpinan Bupati M. Thaher Hanubun, menurut Gerry Hukubun adalah hal yang positif dan nama yang tepat untuk Kei ke depan. Hal ini disampaikan Gerry kepada INTIM NEWS, Kamis (10/10/2019).

Dirinya mengungkapkan, daerah Kei adalah gugusan pulau yang memiliki laut yang begitu luas dan memiliki ciri khas seperti negara-negara pasifik yakni, Salomon Island, Marsyall Island, Fiji dan masih banyak lagi.

” Menurut Saya, Kabupaten Kepulauan Kei nama yang tepat untuk Kei ke depan. Ada 2 hal positif dengan berganti nama menjadi Kabupaten Kepulauan Kei. Pertama, pemerintah pusat saat ini sangat konsen melihat dan membangun daerah perbatasan. Kabupaten Maluku Tenggara memiliki geografis yang dekat dengan Australia dan memiliki laut yang menjadi sumber daya perikanan yang luar biasa. Dengan menggunakan Kepulauan Kei, Saya yakin secara nuansa kebatinan akan mempermudah Kepulauan Kei diperhatikan pemerintah pusat. Karena orang luar yang mendengarkan nama kabupaten Kepulauan Kei, dalam bayangannya adalah, daerah kelautan dengan memiliki banyak pulau,” katanya.

Kedua, sebut politisi Partai Hanura ini, dapat membantu propinsi Maluku dalam memperjuangkan Propinsi Kepulauan yang artinya, ada penambahan APBD secara signifikan karena di nilai base on geografis. Atau bisa saja, mempermudah pemerintah pusat mempertimbangkan propinsi Kepulauan Maluku Tenggara Raya.
Dirinya menjelaskna, jika ada kontroversi menyangkut nama Maluku Tenggara yang sudah ada dari dulu. Gerry mencontohkan, di Maluku Tenggara Barat (MTB), mengganti nama menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, tidak mengganggu kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), begitupun di kota Tual.

Dirinya mengakui, karena sejarah tetaplah sejarah. Tidak akan pernah berubah. Malah akan lebih indah untuk di ceritakan, daerah Kei ini dulunya bernama kabupaten Maluku Tenggara, dengan kecamatannya antara lain, kecamatan Aru, kecamatan Saumlaki dan sebagainya. Kabupaten Kepulauan Kei ini, dulunya ibu kotanya Tual sebelum di mekarkan. Dulu kabupaten Kepulauan Kei, mempunyai lagu yang indah yang di akhir liriknya berbunyi demikian “Oh Maluku Tenggara, Daerahku Yang Tercinta”. Semua sejarah akan indah di kenang dan diceritakan untuk anak cucu kita. Dan generasi kita, harus maju ke depan, berbenah dan berubah lebih baik. Selain itu, mengikuti perkembangan jaman tanpa meninggalkan nilai-nilai sejarah dan adat istiadat.

” Menurut Saya, Kabupaten Kepulauan Kei adalah nama yang tepat untuk Kei ke depan. Dan yang lebih penting dari semua itu adalah, dengan perubahan nama tersebut, bagaimana pemerintah daerah memanfaatkannya untuk mendapatkan perhatian lebih lagi dari pemerintah pusat. Karena jika tidak berpengaruh apa-apa terhadap kesejahteraan masyarakat di Kei, lantas, “apalah arti sebuah nama?”,” tandasnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com