Lintas Peristiwa

4 Unit Kapal Motor Terbakar Di Pelabuhan Hurnala Tulehu

IMG-20191005-WA0010

TULEHU,MALUKU – Api muncul dari kamar mesin Kapal Motor (KM) Taman Pelita, mengakibatkan KM tersebut bersama 3 KM yang bersandar disampingnya, ludes terbakar, Jumat malam (04/10/2019) di Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

IMG-20191004-WA0076

KM Taman Pelita milik PT.Sumber Rejeki ini terbakar berdasarkan keterangan 3 orang saksi bernama Robo selaku koki KM Taman Pelita , Jainudin Umur selaku Juru Mudi dan Samsul Labiru selaku Oiler kapal tersebut.

” Kerugian materil akibat dari peristiwa kebakaran kapal tersebut, menghanguskan seisi bodi kapal tersebut yang mana kapal tersebut , terbuat dari bahan kayu kemudian menjalar serta menghanguskan beberapa motor ikan yang sandar berdampingan dengan Kapal Motor Taman Pelita . Motor ikan yang ikut terbakar yakni , Motor Ikan KM. Putra Dobo, Motor Ikan KM. Ampry dan Motor Ikan KM. Delta . Ketiga Motor Ikan tersebut ludes terbakar karena, terbuat dari bahan fiberglass. Selain itu, sebanyak 60 Ton Beras raskin yang telah dimuat oleh Kapal Motor Taman Pelita, ikut terbakar,” sebut Julkisno Kaisupy, Kasubag Humas Polres Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

IMG-20191004-WA0084

Julkisno menuturkan, tidak ada korban jiwa. Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran Kapal Motor Taman Pelita tersebut , berasal dari dalam kamar mesin karena sumber api yang dilihat berasal dari dalam kamar mesin, namun belum dapat dipastikan penyebabnya apa. Kerugian materil lainnya, diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

” Pukul 19.55 Wit, 4 (buah) unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Ambon tiba di TKP dan langsung memadamkan api di TKP. Pukul 20.45 wit, api telah berhasil dipadamkan. Pukul 21.12 wit, mobil Damkar telah berhasil memadamkan api dan masih standby di Pelabuhan Hurnala, serta masyarakat pada sekitar TKP telah membubarkan diri,” jelasnya.

IMG-20191004-WA0093

Sementara itu, sebutnya lagi, tindakan Kepolisian yang dilakukan antara lain, pukul 19.27 wit, Kapolsek Salahutu AKP Izaac Risambessy bersama personel Piket Polsek tiba di TKP , guna membantu mengamankan areal TKP, mengatur arus lalu lintas, serta unit IK melakukan Pulbaket di TKP. Selain itu, Kapolsek dan personil serta personil Koramil Salahutu bersama warga membantu melakukan pengamanan serta membantu pemadaman,

” Situasi di sekitar TKP pasca terjadinya kebakaran kapal di Pelabuhan Hurnala saat ini, dalam keadaan aman terkendali. Untuk sementara, kapal-kapal yang sandar di dermaga telah di evakuasi keluar dermaga,” ungkapnya.(IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com