Agama

PCM Teluk Ambon Laksanakan Baitul Arqom Dasar

IMG-20190914-WA0062

AMBON,MALUKU – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, laksanakan Baitul Arqom Dasar, bagi Pengurus maupun Majelis PCM Kecamatan Teluk Ambon, Sabtu (14/09/2019), di Gedung TPQ Dusun Air Ali, Desa Rumah Tiga, Kota Ambon .

Diketahui, kegiatan pendidikan kader bagi warga Muhammadiyah tersebut, sangatlah penting untuk memperkuat identitas dan ruh gerakan Kemuhammadiyahan ke depannya.

Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Ambon, Abdul Karim Tawaulu, yang membuka secara resmi kegiatan ini, mewakili Ketua PDM Kota Ambon dalam sambutannya, dirinya berharap kepada peserta agar mau mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Sebagai warga Muhammadiyah, sudah seharusnya mengetahui tentang kiprah dari Muhammadiyah itu sendiri , sejak didirikan oleh Almarhum K.H. Ahmad Dahlan yang senantiasa harus berani melakukan reformasi terhadap aqidah kita.

” Kita harus berani melakukan perubahan ke arah kemajuan untuk memurnikan aqidah dari berbagai bentuk kemusyrikan, khurofat, tahayul dan kebid’ahan,” ucapnya.

Sementara itu, La Siama selaku Ketua PCM Kecamatan Teluk Ambon menuturkan, kita perlu ingat kembali pesan perjuangan Almarhum Ayahanda K.H. Ahmad Dahlan. Diantaranya, perjuangan hendaknya disertai dengan keikhlasan hati, jangan minta disanjung puji.

Dirinya berharap, PDM Kota Ambon dapat terus mendukung PCM, dalam rangka melebarkan sayap Muhammadiyah melalui pembentukan ranting – ranting desa se- Kecamatan Teluk Ambon nantinya.

Senada dengan La Siama, Ahmad Ilham Sipahutar sebagai Ketua Panitia Baitul Arqom menambahkan, ciri organisasi Islam berkemajuan, tauhidnya kuat, berilmu, rajin beramal, toleran, bersinergi serta menjaga persaudaraan dan persatuan, kawan seperjuangan kita bersama.

Ilham menyebutkan, Baitul Arqom Dasar ini, dimana angkatan pertama diprioritaskan kepada Pengurus dan Majelis PCM, untuk berdakwah memasyarakatkan dan memperkenalkan Muhammadiyah kepada masyarakat luas nantinya, dengan pengetahuan yang didapatkan dalam Baitul Arqom ini tentunya.

” Semoga kegiatan ini mampu melahirkan para kader Muhammadiyah Teluk Ambon, yang memiliki jiwa Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Karena, dengan semangat Dakwah ini , diharapkan kita mampu untuk menjawab tantangan zaman di tengah-tengah kemerosotan dekadensi moral umat diberbagai aspek kehidupan,” harapnya.
Sekedar tahu, Sekretaris PDM Kota Ambon memaparkan materi dengan topik “Paham Agama dan Ibadah Praktis Perspektif Manhaj Tarjih Muhammadiyah” , dalam Baitul Arqom Dasar ini. Selain itu, Deden Siolimbona yang menjabat Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah, Wara Ambon ini, membawakan materi terkait  “Profil Kader Muhammadiyah dan Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah” . Sedangkan sesi terakhir, ditutup dengah materi tentang “Program Pengembangan Cabang dan Ranting Maupun Komitmen Berorganisasi Muhammadiyah”  yang dipaparkan oleh Muhammad Nyehi Fatsey. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com