Buru Selatan

Edison Lapalelo : PDI P Buka Pendaftaran Balonkada, Baik Buat Demokrasi

IMG-20190621-WA0014

AMBON,MALUKU – Sebagai Direktur Parameter Konsultindo wilayah kerja Indonesia Timur, Edison Lapalelo mengapresiasi, sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), khususnya DPD PDI P Maluku, membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (balonkada) bupati dan wakil bupati di 4 kabupaten di Maluku. Menurutnya, sikap DPD PDI P Maluku di bawah pimpinan Murad Ismail, pembukaan pendaftaran balonkada secara serentak tersebut, baik buat demokrasi.

” Dengan pembukaan pendaftaran oleh DPD PDI P Maluku secara serentak, memberi isyarat kepada putra-putri terbaik di 4 kabupaten tersebut, bahwa PDI P serius ingin memenangkan pertarungan. Karena itu, memberi pesan kepada kandidat-kandidat, kalau mau menang datang di PDI P . Pesan itu yang Saya tangkap. Saya bisa menganalisa, mereka bisa bergerak cepat seiring dengan kepentingan partai, seiring dengan pernyataan-pernyataan petinggi partai , dalam hal ini Gubernur Maluku, yang juga sebagai Ketua DPD PDI P bahwa, PDI P harus menang pilkada serentak tahun 2020. Ini juga baik bagi demokrasi. Kenapa? Supaya sejak dini, lebih cepat rakyat mengetahui, siapa saja yang tidak berwacana, kalau sudah mendaftarkan diri di partai politik (parpol) , berarti bukan sekedar wacana,” sebut Edison, kepada INTIM NEWS melalui sambungan telepon selular, Selasa (03/09/2019).

Karena berdasarkan pantauan dan survei kami, akuinya, di 4 kabupaten tersebut itu, beredar banyak sekali nama-nama yang mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati.

Dia menerangkan, langkah awal mendeteksi secara dini seseorang serius atau tidak serius mencalonkan diri sebagai kepala daerah adalah, mendaftarkan diri di parpol. PDI P memberi pesan, siapa saja mari daftar.
Soal mendapatkan rekomendasi, ini masih ada tahapan di parpol-parpol, bukan hanya PDI P masih ada parpol lain dan PDI P bisa mengukur, calon-calon yang mendaftarkan diri, serius atau tidak.

69406172_604854226710077_1079882725290147840_n

” Serempak membuka pendaftaran di awal bulan, Saya sebagai konsultan politik atau sebagai pengamat politik dan sebagai peneliti , yang dilakukan oleh PDI P adalah langkah yang ada kaitannya dengan strategi PDI P. Yang Saya tahu, kemauan keras Ketua DPD, PDI Perjuangan berkepentingan ingin menang, dengan memulai duluan proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di 4 kabupaten dan kota,” ujarnya.

Disinggung pengamatan lain terhadap langkah yang ditempuh PDI P tersebut, dirinya mengungkapkan, walaupun Perindo juga sudah buka pendaftaran tetapi cuma di Buru Selatan. Secara masif dan terstruktur, 4 kabupaten sekaligus membuka, sebagai pengamat, Saya kira ini mungkin juga instruksi dari DPP terkait pembukaan pendaftaran. Ada langkah cepat PDI P yang patut diapresiasi yang bergerak cepat. Selain itu, dari segi strategi adalah , langkah yang luarbiasa yang dilakukan PDI P, karena tidak ada aturan yang bilang harus buka di bulan September.

” Langkah yang diambil PDI P dengan memperhitungkan, langkah-langkah taktis. Ini memberi pesan, PDI P serius merebut 4 kepala daerah. Ini isyarat dari PDI P Maluku, mereka ingin memastikan harus menang di 4 kabupaten itu. Bukan soal basis, PDI P di Bursel dan MBD. Namun, di SBT , suara PDI P punya pertumbuhan cukup baik, bukti nya PDI P bisa mendatangkan 1 Anggota Legislatif dari kabupaten ke provinsi. Selain itu juga, basis PDI P di Bursel, bupatinya Tagop Soulissa dan di MBD bupatinya Benjamin Noach adalah kader PDI P,” tuturnya.

Sekedar tahu, proses pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020, juga termasuk 4 kabupaten di Maluku. Diantaranya, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD). (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com