Maluku

Bupati : Saya Pakai Hati, Tidak Ada Kata Lelah Melayani Masyarakat Di Kei Besar

IMG-20190929-WA0039

MALRA,MALUKU – Pantauan INTIM NEWS, Bupati kabupaten Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun, bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan kunjungan kerja selama dua hari. Perjalanan diawali oleh Bupati dan rombongan, dengan menumpangi kapal cepat dari ibu kota Langgur menuju Elat, Kecamatan Kei Besar, Kamis (26/09/2019).

Tiba di pelabuhan Elat, Bupati melanjutkan perjalanan dengan mengayuh sepedanya menuju Desa Soinrat, Kecamatan Kei Besar Tengah, Bupati disambut dengan upacara adat. Usai penyambutan, Bupati menemui Tokoh Adat, Tokoh Agama dan warga Ohoi (Desa) Soinrat, menggelar pertemuan singkat guna menyelesaikan persoalan, berkaitan dengan kepemimpinan pejabat kepala Ohoi yang menyebabkan adanya penyegelan (Sasi), terhadap fasilitas umum. Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati bersama untuk dilakukan pencabutan Sasi oleh Tokoh Adat Desa Soinrat, diawali dari tempat Woma El-Sedat.

IMG-20190929-WA0038

Bupati kembali memacu sepedanya menyusuri jalan dari ohoi Soinrat menuju desa Watsin. Dalam perjalanan itu, kembali ia berkoordinasi dengan Tokoh Agama, Kepala ohoi dan para pejabat kepala ohoi, agar membantu pemerintah daerah, menyampaikan himbauan dan perhatian masyarakat, untuk tidak membangun rumah ataupun pagar yang terlalu dekat dengan jalan utama. Hal ini menurutnya, akan menganggu rencana proses pembangunan jalan ke depan.

Perjalanan di lanjutkan oleh Bupati dan rombongan OPD. Karena kondisi jalan yang rusak, Bupati kemudian menggunakan mobil dan singgah di ohoi Fa’a, Kecamatan Kei Besar Utara Barat. Dalam perjalanannya, bupati kembali berhenti guna melihat beberapa rumah warga yang terkena musibah bencana kebakaran dan badai, juga rumah-rumah warga tidak layak huni. Ia pun meminta kepada dinas teknis terkait, untuk segera mengambil data, agar nantinya mendapatkan bantuan pada tahun 2020 nanti. Perjalanan dilanjutkan ke Ohoi Mun Kahar, guna membuka kegiatan deklarasi ODF, yang digelar Dinkes Malra. Kembali ke Elat, sang Bupati menggunakan motor milik personil Koramil Kecamatan Kei Besar Tengah.

Bupati juga memastikan pembangunan infrastruktur, di wilayah Kei Besar yang sementara dilakukan instansi teknis , guna menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat di wilayah tersebut. Persoalan kebutuhan infrastruktur jalan, menjadi perhatian serius Bupati Thaher dalam kunjungan kerjanya, bersama sejumlah OPD, Jum’at (27/09/2019).

Selain itu, bupati di sela-sela kunjungan kerja meninjau ruas jalan Elat-Yamtel Kei Besar, kepada wartawan menyampaikan, pembangunan infrastruktur di wilayah Kei Besar menjadi fokus pemda saat ini. Salah satunya yakni pembangunan infrastruktur jalan. Ruas jalan yang menghubungkan Desa, Elat-Yamtel tersebut , menjadi perhatian Bupati, karena jalan yang selama ini dimanfaatkan masyarakat, sudah tidak layak . Tampak rusak parah sehingga , menyebabkan terjadi kecelakaan berulang kali yang dialami masyarakat.

” Ruas jalan Elat-Yamtel yang saat ini kita lihat , sementara dikerjakan untuk di hotmix menggunakan APBD Malra dan merupakan satu ruas jalan yang menjadi perhatian kami. Karena ruas jalan ini, merupakan sentral dan terminal bagi masyarakat Kei Besar untuk selanjutnya menyebrang ke wilayah Kei Besar Utara Timur dengan akses laut . Jadi tidak ada kata cape ataupun lelah dalam melayani masyarakat, karena saya pakai hati untuk menebar kasih,”ungkap Bupati.

Menurutnya, sasarannya antara lain ruas jalan Elat-Wetuar-Tamangil, serta ruas jalan di Kei Besar Utara Barat (Bombai-Mun), wilayah Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Selatan (Elat-Weduar).

IMG-20190929-WA0037

“Untuk wilayah Kei Besar Utara Timur, sebagian besar menjadi jalan nasional maupun provinsi sehingga, kita terus berupaya dan berkoordinasi ke provinsi maupun pusat, untuk adanya kebijakan dan upaya pembangunan di Malra terutama di wilayah Kei Besar, perlu dukungan semua pihak, baik masyarakat maupun legislatif sehingga, bisa berjalan lancar,”ungkapnya.

Usai meninjau pengerjaan jalan tersebut, Bupati dan sejumlah OPD, kembali melanjutkan perjalanan menggunakan mobil menuju Rumah Sakit Katlarat ohoi Rahareng, untuk mengetahui kendala dan mendengarkan keluhan para suster dan pasien.

Bupati menginstruksikan kepala PDAM Elat dan Dinas teknis terkait untuk segera memasang instalasi air di Rumah Sakit tertua di Malra itu. Tinjauan selanjutnya, lokasi PT. PLN Persero Wilayah Maluku & Maluku Utara, mengunjungi Sekolah Dasar Inpres Dit Rahareng, selanjutnya ke lokasi wisata di ohoi Karkarit dan kembali menggunakan speedboat mengunjungi objek wisata pulau Kelapa. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com