Maluku

Bupati : Gala Desa Siap Melahirkan Atlit Terbaik Untuk Indonesia Dan Maluku Tenggara

IMG-20190916-WA0021

MALRA,MALUKU – Bupati Maluku Tenggara (Malra), M. Thaher Hanubun, dalam paparannya saat pembukaan Gelanggang Olahraga Antar Desa (Gala Desa) tahun 2109, yang dipusatkan di Stadion Maren Langgur, (14/09/2019), menegaskan, Kabupaten Malra siap mencetak para atlet terbaik yang akan mengharumkan nama Malra, di kancah nasional dan internasional, seperti pelari tercepat Asia asal Kepulauan Kei  dari cabang olahraga atletik, Agus Ngamel, sehingga dapat mengharumkan nama Kepulauan Kei.

Bupati menginspirasi para peserta lomba Gala Desa 2019, agar disiplin dalam berlatih dan mengembangkan kemampuan diri, pada bilang olahraga seperti yang sudah dilakukan sprinter Agus Ngamel, putera dari Ohoi Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat, bersama para atlet Tinju dan Karate, yang mengharumkan nama Kabupaten Malra, di bidang olahraga kepada masyarakat dunia Internasional.

” Kita harus bangga, ada seorang ibu yang mewakili Menpora RI, nanti sampaikan, kami memang jauh tertinggal, kami juga tidak memiliki fasilitas yang memadai, namun kami memliki segudang prestasi dan semangat. Saya jamin, para atlet generasi muda Malra akan lahir atlit muda berbakat, yang akan mengharumkan nama Indonesia dan khususnya Malra,” tandasnya.

Bupati memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan para kepala ohoi yang hadir, bersama masyarakat yang membawa anak – anak mereka , ikut berpartisipasi pada Lomba Gala Desa Malra 2019.

IMG-20190916-WA0020

“ Kepada para peserta, kita harus junjung tinggi fair play, sportifitas harus dijaga dan mengakui kemenangan orang lain, termasuk para wasit yang memimpin pertandingan harus berlaku jujur dalam setiap keputusan,” pesan Bupati.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, dalam sambutannya yang di wakili Kepala Bidang Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Rahayu Puji Sunarwati, mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) atas penyelenggaraan Gala Desa yang sudah setara dengan Gala Desa di tingkat nasional.

” Jujur pada hari ini, Saya sangat berbahagia, padahal  sebelumnya ada keraguan ketika akan datang kesini, karena perjalanan yang cukup jauh, namun setelah sampai disini, diluar ekspektasi Saya bahwa, sangat meriah pembukaan Gala Desa di Kabupaten Malra. Bahkan, barangkali paling seru dan setara dengan babak kick off Gala Desa tingkat nasional di Kuningan, Jakarta,“ ungkap Sunarwati yang mendapat aplause dari para peserta lomba, bersama masyarakat yang hadir, di Stadion Maren Langgur.

Diakuinya, selama dua tahun perjalanan, Gala Desa Kemenpora ada di 136 Kabupaten, namun terakhir di tahun 2019, hanya terdapat di 25 Kabupaten / Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Maluku Tenggara , di Provinsi Maluku.

” Saat itu, Bapak Asisten Deputi sudah mewanti – wanti, agar dari 25 Kabupaten/ Kota di Indonesia, sebagai penyelenggara Gala Desa, Kabupaten Malra harus masuk didalamnya dan pada hari ini, sungguh sangat luar biasa dan tidak mengecewakan. Terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Malra, beserta seluruh penyelenggara,” ujar Sunarwati memuji.

Sunarwati mengatakan, tujuan penyelenggaraan Gala Desa untuk membudayakan olahraga kepada masyarakat di Kabupaten Malra, agar hidup sehat. Selain itu, dengan Lomba Gala Desa dapat melahirkan atlit – atlit terbaik dari daerah ini, berkancah di tingkat nasional maupun internasional.

IMG-20190916-WA0022

Ia berharap, para atlit Gala Desa di Kabupaten Malra, bisa dapat bersaing dan mewakili Indonesia pada kejuaraan tingkat internasional, karena dari Lomba Gala Desa di Indonesia, Kabupaten Kediri  dan Purworejo sudah berhasil melahirkan atlit Gala Desa ke tingkat internasional.

” Kami berharap, Kabupaten Malra ikut berkontribusi dalam melahirkan atlit terbaik di  level internasional seperti, Kabupaten Kediri dan Purworejo yang sudah berhasil melahirkan dua atlet yang akan bertanding mewakili Indonesia, pada Asean Games mendatang,” harap Sunarwati.

Jumlah atlit , diketahui yang mengikuti Lomba Gala Desa sebanyak 1.372 peserta. Mereka mengikuti empat cabor masing – masing, sepak bola U-16 32 tim, bola volly putera 45 tim, bolla volly puteri 12 tim, bulu tangkis sebanyak 141 peserta dan cabor atletik 111 peserta.

Pembukaan Gala Desa 2019 Malra, ditandai dengan pelepasan balon gas ke udara oleh Rahayu Puji Sunarwati, didampingi Bupati , Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, Ketua DPRD S.T. Welerubun, Forkopimda dan OPD Kabupaten Malra. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com