Kota Ambon

Pemkot Ambon Gelar Bimtek Pemberkasan Arsip

IMG-20190827-WA0067

AMBON,MALUKU – Pemerintah kota Ambon, melalui Bagian Tata Usaha Pimpinan, menggelar bimbingan teknis (bimtek), Selasa (27/08/2019) di salah satu hotel di Kota Ambon. Bimtek tersebut, untuk meningkatkan sumber daya aparatur pengelola, tata kelola persuratan dan kearsipan yang berkompeten dan terampil , guna mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan yang baik, efektif dan efisien.

Pentingnya arsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bisa menjadi tolak ukur bagi keberhasilan pemerintahan yang bertujuan untuk mewujudkan sistem manajemen pemerintahan yang akurat serta akuntabel.

” Dewasa ini, kita semua tengah menghadapi situasi global dan perkembangan ilmu pengetahuan serta, kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Bimtek ini, sebagai upaya untuk pengembangan sumber daya aparatur yang cakap dan berkompeten di bidangnya,” ungkap Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon , A.G.Latuheru saat membuka kegiatan bimtek.

Katanya, hal ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam pemerintahan dan pembangunan, menuju pemerintah yang mengedepankan reformasi birokrasi , yang mana harus ditunjang pula dengan meningkatnya indikator penatausahaan di bidang tata kelola kearsipan secara baku.

IMG-20190827-WA0068

” Dengan memperhatikan begitu pentingnya tata kelola kearsipan secara tepat dan benar , menuju budaya tertib arsip di lingkup pemerintah kota Ambon, maka pemerintah kota Ambon menggelar bimtek di hari ini, yang diperuntukkan bagi pengelola persuratan dan kearsipan di setiap perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan yang ada di lingkup pemerintah kota Ambon,” pungkasnya.

Sekkot menuturkan, kegiatan bimbingan teknis ini , bertujuan untuk memperbaiki tata kelola kearsipan yang harus sesuai dengan peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, nomor 38 tahun 2015 tentang, Pengaswasan Kearsipan.

” Dapat dikatakan, pola pengelolaan kearsipan sangat menentukan maju dan mundurnya dari satu situasi, sebab kaya miskinnya informasi tergantung sedikit banyaknya arsip yang tercipta, terdata dan tersimpan di instansinya secara akurat,” tegasnya.

Dirinya berpesan kepada semua peserta bimbingan teknis , kiranya materi yang yang disampaikan dapat menjadi bekal dan pengetahuan, dalam menjalankan tugas pokok , fungsi serta tanggungjawab di setiap OPD , kecamatan dan kelurahan masing-masing. (CR01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com