Kota Tual

Pangdam : Keberhasilan TMMD Ke 105 Kodim 1503, Hasil Semangat Kebersamaan Dan Gotong-Royong

IMG-20190808-WA0052

MALRA,MALUKU – Keberhasilan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), merupakan hasil dan semangat kebersamaan dan gotong- royong yang terpancar pada sikap perilaku dan cucuran keringat masyarakat serta, aparat pemerintah daerah bersama personil TNI Satgas TMMD di lapangan. Hal itu menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar, dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi dan misi bersama, guna mengatasi berbagai persoalan masyarakat dan pembangunan di daerah.

Hal tersebut , di sampaikan oleh Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, dalam sambutannya pada upacara penutupan pelaksanaan TMMD ke- 105 Kodim 1503/Tual-Malra, yang terlaksana di Ohoi Ohoidertawun, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kamis (08/08/2019).

IMG-20190808-WA0051

Pangdam menuturkan, sejalan dengan tema TMMD yakni, ” Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi, sosial , budaya dan masalah-masalah lainnya.

” TMMD merupakan wujud pengabdian TNI, yang terus bersinergi dengan kementerian dan lembaga lainnya, untuk membantu mempercepat proses pembangunan di daerah, demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. Untuk itulah, prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat dengan semangat gotong-royong, bersama -sama dengan komponen lain serta, masyarakat untuk mencapai keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Pangdam.

IMG-20190808-WA0048

Lanjut dijelaskan olehnya, TMMD yang sudah dilaksanakan selama satu bulan, telah berhasil menyelesaikan sasaran fisik berupa pembuatan jalan setapak sepanjang 375 meter, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 12 unit dan pembuatan MCK. Di samping itu juga, dilaksanakan sasaran non fisik berupa pengobatan massal, penyuluhan bela negara, Kamtibmas dan lainnya, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas hidup masyarakat, ke arah kehidupan sosial yang lebih baik, sejahtera dan mandiri.

Pangdam menilai, keberhasilan TMMD merupakan hasil dan semangat kebersamaan dan gotong- royong yang terpancar pada sikap perilaku dan cucuran keringat masyarakat serta, aparat pemerintah daerah bersama personil TNI Satgas TMMD di lapangan, hal itu menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar, dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi dan misi bersama, guna mengatasi berbagai persoalan masyarakat dan pembangunan di daerah.

” Semangat dan gotong-royong seperti itulah, merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat dan sebagai roh perjuangan bangsa yang terus kita jaga, serta pelihara sampai akhir masa,” tutur Pangdam.

Selaku Pangdam XVl Pattimura, dirinya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun dan segenap masyarakat, juga kepada instansi terkait yang telah bahu-membahu bersama personil Satgas TMMD, menyelesaikan pembangunan sasaran fisik dan non fisik TMMD ke-105, di wilayah Kodam XVI Pattimura.

” Saya pesankan kepada personil Satgas TMMD dan segenap masyarakat, pertama, terus pertahankan kebersamaan dan gotong-royong antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama pelaksanaan TMMD ini. Kedua, tingkatkan semangat bekerja dan membangun bersama, sebagai bagian dari solusi bagi pembangunan di daerah. Ketiga, pelihara dan manfaatkanlah seluruh hasil TMMD ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya sembari mengingatkan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Malra M. Thaher Hanubun, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pangdam XVl Pattimura dan jajaran Kodim 1503, atas kegiatan TMMD ke-105 di Malra.

Bupati mengharapkan, kegiatan TMMD dapat terus berjalan karena selain membantu pemerintah daerah, juga sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

IMG-20190808-WA0047

” Sebagai Bupati, Saya mau menyampaikan, ini sesuatu yang luar biasa. Hanya dalam waktu satu bulan, ada 12 rumah warga tidak layak huni, bisa di kerjakan menjadi rumah yang layak huni, itu sudah termasuk pengerjaan jalan setapak 375 meter. Untuk itu, khusus kegiatan TMMD Saya berharap akan ada dan terus berjalan,” harap dan pintanya.

Hal senada di sampaikan Walikota Tual, Adam Rahajaan. Walikota mengungkapkan, masyarakat kota Tual sangat merindukan dan mengharapkan kegiatan TMMD, bisa kembali dilaksanakan di Kota Tual.

” Masyarakat yang sudah pernah merasakan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini, justru berharap dan merindukan kehadiran TMMD. Namun untuk tahun ini, Malra yang mendapat bagian, Saya dapat kebagian Satgas BKO, untuk penjajakan dan persiapan Koramil dan Kodim dan kami siap untuk pembebasan lahan pembangunan Kodim di Kota Tual,” ungkap Rahajaan. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com