Maluku

Gubernur Maluku Dinilai Kurang Menghormati Agenda-Agenda DPRD

IMG_20190814_135637

AMBON,MALUKU – Melkias Frans sebagai Ketua Komisi A DPRD Maluku menilai, Gubernur Maluku Murad Ismail kurang menghormati agenda-agenda DPRD Maluku.

Pasalnya, Anggota Legislatif (Aleg) asal partai Demokrat ini mengungkapkan, sudah 4 kali Gubernur tidak menghadiri agenda paripurna DPRD. Hal ini diungkapkan Melkias, usai Rapat Paripurna DPRD Maluku, dalam rangka penyampaian kata akhir fraksi-fraksi terhadap ranperda tentang laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD provinsi Maluku, tahun anggaran 2018, di kantor DPRD Maluku, Rabu (14/08/2019).

” Pak Gubernur, sudah 4 kali dalam catatan paripurna DPRD, tidak pernah sekalipun menghadiri . Mungkin ada alasan-alasan yang lebih penting, tetapi bagi kami, beliau kurang menghormati, agenda-agenda DPRD Provinsi Maluku. Lembaga ini sama kedudukannya dengan Gubernur Maluku, kita sama. Undang-Undang mengatur bahwa, yang namanya pemerintahan daerah itu Gubernur dan DPRD. Kita selalu dihadiri oleh Wakil Gubernur sudah empat kali. Alasan sebenarnya apa, sehingga Gubernur tidak bisa menghadiri acara paripurna DPRD, kita ingin tahu dari protokoler tolong menjelaskan itu, jangan begini terus,” kata Melkias dengan keheranan, kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya sembari mengingat, Gubernur yang lama, ada kegiatan apa pun hadir, kalau tidak ada, diumumkan secara resmi. Jadi , sebutnya, ini perlu ada penjelasan-penjelasan supaya tidak terkesan Gubernur tidak menghormati DPRD.

” Wakil Gubernur selalu mewakili, masa wakil terus yang hadir? Lalu gubernur nya dimana? Berarti Gubernur lebih menghormati kegiatan lain ketimbang kegiatan di DPRD, mitra pengambil keputusan sama-sama di daerah. Yang lain ikut-ikut tetapi , DPRD dan Gubernur pengambil keputusan di daerah,” tuturnya.

Untuk mengkonfirmasi alasan ketidak hadiran gubernur pada rapat paripurna Rabu pagi tadi, Moh. Junaris selaku Karo Humas dan Protokoler  pemerintah provinsi Maluku, dikonfirmasi INTIM NEWS Rabu malam melalui sambungan telepon, tidak merespon panggilan. Di konfirmasi melalui pesan whatsapp pun, belum menjawab pesan. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com