Kota Ambon

Disnaker Ambon Gelar Bimtek P2HI

IMG-20190801-WA0018

AMBON,MALUKU – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (P2HI) Di Dalam dan Di Luar Pengadilan (DDLP), yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon, Kamis (01/08/2019).

” Bimtek P2HI DDLP merupakan tanggung jawab penyelenggara negara, guna membawa misi Walikota dan Wakil Walikota Ambon, dalam upaya menjaga harmonisasi sosial untuk tetap harmonis, dinamis, berkeadilan sesuai prinsip ketenagakerjaan,” kata Mien Tupamahu, selaku Asisten Tata Pemerintahan, Sekretariat Kota Ambon, saat membaca sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Mien mengakui, ada salah satu asas hukum yang mengharuskan setiap orang, dianggap tahu akan hukum asas.

IMG-20190801-WA0017

” Asas tersebut, mau mengisyaratkan tanggung jawab para pelaku hubungan industrial diharuskan mengetahui secara jelas, aturan terkait ketenagakerjaan di Indonesia,” paparnya.

Selain itu, ini dimaksudkan agar proses-proses penyelesaian perselisihan, baik itu ditingkat perusahaan maupun pemerintah. Untuk itu, edukasi dan informasi ketenagakerjaan secara teknis, merupakan hal penting dan perlu dipahami pelaku industrial di kota Ambon, agar setiap angkatan kerja harus memahami secara benar, aturan-aturan ketenagakerjaan tentang hak dan kewajiban serta, tanggung jawabnya sebagai pengusaha maupun tenaga kerja.

” Dengan adanya kegiatan bimtek ini, dapat mengingatkan kita dan lebih mempertegas eksistensi para pimpinan perusahaan di kota Ambon, agar terus berupaya menjaga keseimbangan antara pengusaha dan para pekerja sehingga, tercipta hubungan industrial yang baik,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat disikapi dengan berbagai persoalan ketenagakerjaan agar pembangunan lebih baik dan senantiasa memberikan pelayanan yang mudah, cepat bagi masyarakat di kota Ambon, guna menuju Ambon Smart City.

” Para pelaku hubungan industrial, agar iklim usaha yang telah terbina saat ini, sehingga dapat terus berjalan secara inovatif dan berdaya saing, dalam meningkatkan pelayanan baik di bidang jasa dan perdagangan, agar Ambon semakin hari lebih dicintai oleh pelaku hubungan industrial, baik lokal maupun nasional,” pesannya. (CR01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com