Lintas Peristiwa

Berlangsung Khidmat, Bupati Malra Pimpin Upacara HUT RI Ke 74 Tahun

IMG-20190817-WA0201

MALRA,MALUKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74 Tahun. Pantauan INTIM NEWS, Sabtu (17/08/2019), Bupati Malra M. Thaher Hanubun, bertindak selaku Inspektur Upacara. Perwira Upacara AKP. F. H. Bawole yang menjabat Kabag Sumda Polres Malra, Komandan Upacara dipimpin Iptu. Bernabas Hawu Hana yang menjabat Danki Brimob Batalyon C Pelopor. Sedangkan, pembaca Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Malra, Thedeus Welerubun. Mengusung tema, ” SDM Unggul Indonesia Maju ” , Upacara berlangsung khidmat, dengan Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) , bertempat di Kantor Bupati baru, di Jalan Debut, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra.

M. Thaher Hanubun - Bupati Kabupaten Maluku Tenggara saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke -74 tahun

M. Thaher Hanubun – Bupati Kabupaten Maluku Tenggara saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke -74 tahun

Bupati yang di temui awak media mengatakan, tema HUT ke-74 Republik Indonesia tahun ini, terinspirasi dari visi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan merupakan tema yang sangat tepat, dengan kondisi Kabupaten Malra yang akan berfokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“ Ini tema yang sangat tepat. Maluku Tenggara di lihat dari sisi kelautan sangat kaya, begitu juga dari sisi daratnya juga kaya tetapi, kita perlu SDM yang unggul untuk mengelola. Jadi fokus utama pembangunan di Maluku Tenggara, sesuai tema dari Presiden kita yakni , “SDM Unggul Indonesia Maju dan kita wajib mendukung penuh,” tegas Bupati.

IMG-20190817-WA0204

Bupati mengakui, salah satu penyebab ketertinggalan di daerah adalah, masih kurangnya SDM. Untuk itu, Ia berharap agar , pembangunan SDM ke depannya lebih di tingkatkan lagi.

” Konsentrasi Saya ke depan , pembangunan Maluku Tenggara lebih memprioritaskan pemuda sesuai dengan SDM nya. Bagaimana kita dapat menciptakan manusia – manusia yang unggul. Minimal untuk saat ini para pemuda Malra, terus menjaga dan menciptakan suasana Kamtibmas sehingga mempercepat proses pembangunan itu sendiri,” ungkap Bupati.

IMG-20190817-WA0194

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Malra Thedeus Welerubun mengungkapkan, HUT Proklamasi, merupakan wujud dari sebuah kemenangan dan dari sebuah proses panjang yang diperjuangkan para pahlawan , dalam merebut kemerdekaan dan puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 dan terus akan di peringati setiap tahunnya.

” Peringatan 17 Agustus 2019 hari ini, guna mengingatkan kita semua bahwa perjuangan menuju kemerdekaan, di peroleh dengan nyawa, darah, harta dan air mata. Makna lain dari perayaan ini tentunya , agar memberikan motivasi dan semangat untuk mengisi kemerdekaan ini , dengan pembangunan di daerah dan wujud itu harus di tampilkan dalam sinergitas Pemkab dan DPRD serta seluruh masyarakat,” ujar Welerubun.

IMG-20190817-WA0195

Untuk diketahui, dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-74, Pemkab Malra juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan diantaranya. Rally Sepeda mengawali perayaan HUT RI, dengan mengelilingi daratan Kei Kecil dengan jarak 120 KM, pada tanggal 13 Aguatus 2019 lalu . Dimana, rute yang dilewati oleh ratusan peserta dari berbagai unsur. Rally sepeda tersebut , menyita perhatian publik terutama di desa-desa yang dilalui. Rally sepeda ini juga merupakan yang pertama kali , dilangsungkan di wilayah tersebut dan dipimpin langsung oleh Bupati.

Pada hari yang sama, juga dilangsungkan pembukaan festival seni dan budaya, bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati baru, di Jalan Langgur-Debut, dengan menampilkan seni dan budaya Kepulauan Kei serta tari-tarian dari berbagai daerah di nusantara yang diperagakan oleh siswa- siswi asal SD dan SMP di wilayah tersebut.

IMG-20190817-WA0196

Selanjutnya , pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019, diadakan konvoi sepeda hias yang dikendarai oleh sekitar 500 an siswa – siswi SD, SMP, dengan titik start di kantor Bupati baru dan finis di kantor DPRD. Ratusan sepeda dihiasi ornamen merah putih , terlihat mewarnai jalanan di Langgur, sebagai Ibukota Kabupaten Malra. Tak ketinggalan, gerak jalan indah pada tanggal 15 Agustus. Tak luput dari perhatian publik terutama di wilayah Kei Kecil, dimana gerak jalan ini diikuti oleh ratusan regu dari berbagai kalangan , mulai dari anak-anak hingga dewasa maupun orang tua.

Tak kalah menarik yakni , kegiatan Kirab Kebangsaan kemarin, 16 Agustus yang baru pertama kali dilangsungkan di Kabupaten Malra, juga mendapat simpati masyarakat. Terlihat ratusan siswa- siswi SD hingga SMA dan para guru , ikut memeriahkan Kirab Kebangsaan dan Kirab Kemerdekaan yang menyusuri jalanan ibu kota Malra. Kegiatan ini dibuka dan diikuti langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Malra serta pimpinan OPD dan jajaran.

IMG-20190817-WA0197

Kirab ini menampilkan busana nusantara yang dikenakan siswa-siwsi SD. Warna dominan merah putih, ciri khas Indonesia yang dikenakan sebagian besar peserta dalam kirab tersebut, selain bendera-bendera merah putih ukuran kecil hingga sedang yang dibawakan peserta kirab, juga ditampilkan bentangan kain merah putih sepanjang 500 meter, diiringi oleh marching band dari berbagai sekolah di Malra. Dan puncaknya , pada Upacara Pengibaran Bendera, pada pagi ini tanggal 17 Agustus 2019. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com