Ekonomi

Badan POM Gelar Talkshow Cerdas Memilih Kosmetik

IMG-20190813-WA0044

AMBON,MALUKU – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku, dalam rilisnya yang di terima INTIM NEWS menyebutkan, Smart Talkshow berupa dialog interaktif antara BPOM RI , pakar praktisi kesehatan, dan selebgram generasi milenial merupakan salah satu cara untuk menarik minat dan pemberdayaan generasi dalam memilih kosmetik yang aman.

Kepala BPOM Kota Ambon, Hariani menjelaskan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian BPOM, terhadap masyarakat untuk tetap mengarahkan anak muda di kota Ambon, agar lebih paham dalam memilih kosmetik apalagi secara online. Sekaligus, memberikan cara mengantisipasi agar tidak berbelanja kosmetik yang ilegal dan tidak memenuhi standar.

“Kita berikan pengetahuan, bagaimana cara melihat registernya, memilih kosmetik yang aman, legalitas dari sebuah produk kosmetik,” akui Hariani , usai melakukan talkshow , di salah satu hotel di kota Ambon, Selasa (13/08/2019) .

Dirinya menambahkan, BPOM tidak dapat berjalan sendiri, karena itu yang utama adalah, generasi muda harus memilih kosmetik yang benar-benar legal.

Sementara itu, Deputi BPOM menjelaskan, kalau melakukan pengawasan hanya di laboratorium, itu hasilnya kurang, lebih penting adalah melakukan pencerahan kepada masyarakat terutama generasi muda, tentang trik memilih kosmetik.

“C Klik, cek kemasan label, ijin edar dan kadaluarsa. Omset untuk kosmetik sangatlah banyak, pengusahanya juga banyak, terkadang disalahgunakan oleh pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, seiring dengan berkembang pesatnya industri kosmetika di Indonesia dan sejalan dengan perkembangan revolusi indistri 4.0 , membuat semakin beragamnya industri kosmetik yang beredar ditengah masyarakat.

Pasalnya, dia menyebutkan, kemudahan akses teknologi dan informasi semakin memanjakan konsumen , dengan mudahnya memperoleh kosmetik secara online. Namun, keamanan kosmetik pun dituntut ditengah kemajuan dewasa ini.

Olehnya itu, ujarnya, perlu peningkatan pengawasan melalui pilar pemberdayaan masyarakat , khususnya generasi millenial sangat dibutuhkan, untuk membentengi generasi muda Indonesia, khususnya pemuda Maluku saat ini.

Tambahnya, di sampaing pilar pengawasan rutin yang dilakukan oleh pemerintah dan produsen kosmetika, kebijakan konsumen dan kecerdasan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan mutlak, diperlukan ditengah maraknya pilihan kosmetik yang ada saat ini. (CR01)

 

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com