Kota Tual

TMMD, Bentuk Jiwa TNI Dari Dan Untuk Masyarakat

IMG-20190711-WA0073

 

MALRA,MALUKU – Bupati Maluku Tenggara ( Malra) M. Thaher Hanubun menyampaikan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk jiwa Tentara Nasional Indonesia (TNI), dari dan untuk masyarakat. Hal ini diungkapkan Bupati, disela-sela sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara, pada pembukaan TMMD ke- 105, yang di gelar Kodim 1503/Malra dan kota Tual.

” Kegiatan TMMD, merupakan salah satu bentuk jiwa TNI yang adalah dari masyarakat dan untuk masyarakat. Kegiatan ini, menunjukkan TNI tetap bersatu dengan pemiliknya, masuk ke dalam kehidupan masyarakat secara utuh untuk bersama-sama, dengan semangat gotong royong ikut serta membangun desa, sebagai bagian dari komitmen TNI, untuk negeri,” kata Bupati, di Ohoi Ohoider Tawun, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra, Kamis (11/07/2019).

IMG-20190711-WA0081

Bupati mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan TMMD Ke-I05, tahun 2019 di Kabupaten Maluku Tenggara. Ucapnya, semoga seluruh rangkaian kegiatan ini terselenggara dengan baik dan lancar, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat Malra.

” Kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan TMMD ini. Harapan Kami, kiranya seluruh agenda dan program yang sudah dirancang, dapat terlaksana dengan baik sehingga pada akhirnya, akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan secara khusus masyarakat di lokasi pelaksanaan,” ujar Bupati

Pada kesempatan itu, dirinya menghimbau kepada pemerintah Ohoi, BSO dan seluruh warga masyarakat Ohoidertawun dan Ohoidertawun Atas, agar berpartisipasi aktif dalam mendukung pelaksanaan TMMD dimaksud.

” Kegiatan ini adalah, kesempatan bagi kita untuk berbenah dengan dukungan TNI Angkatan Darat. Tidak hanya pembenahan secara fisik melalui pembangunan, tetapi juga pembinaan mental dan kepribadian melalui program penyuluhan, yang juga diagendakan di dalam TMMD ini,” pungkasnya.

IMG-20190711-WA0074

Program TMMD, tambah Bupati, merupakan suatu bentuk operasi militer selain perang dalam menciptakan berbagai kehidupan yang layak, bagi masyarakat bangsa dan negara. Dengan adanya TMMD, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, demi terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

Pantauan INTIM NEWS, Bupati, Danrem 151 Binaiya, beserta rombongan di sambut dengan prosesi adat oleh tokoh adat setempat dan di suguhi tarian panah sebagai bentuk penghormatan.

Sasaran, pada pelaksanaan TMMD yakni, pembangunan fisik diantaranya, rehabilitasi rumah masyarakat sebanyak 5 (lima) unit di Ohoi Ohoider Atas dan 7 (tujuh) unit di Ohoi Ohoider Tawun. Selain itu, pembuatan jalan rabat yang menghubungkan Ohoi Ohoider Tawun dan Ohoi Ohoider Atas, dengan panjang 375 meter dan lebar 3 meter. Sementara non fisik, dilakukan berbagai penyuluhan masyarakat dan les cepat bahasa Inggris, berlangsung selama 30 hari, di mulai tanggal 11 Juli sampai 9 Agustus 2019.

Diketahui, giat TMMD melibatkan personil TMMD Angkatan Darat yang meliputi Staf Satgas 53 orang, Kompi D Yonif 734/SNS 25 orang, Subdenpom Tual 2 orang, Lanud Dumatubun 5 orang, Lanal Tual 5 orang, Batalyon Brimob Tual 10 orang, Polres Malra 10 orang.
Giat tersebut, berlangsung selama 30 hari, di mulai tanggal 11 Juli sampai 9 Agustus 2019.

IMG-20190711-WA0075

Kegiatan tambahan, penyerahan alat pancing dari Danrem 151/Binaiya kepada masyarakat setempat,
Penyerahan bantuan dana kepada masyrakat oleh Bupati Malra, penyerahan bantuan Alat Penetas Telur dari Dandim 1503/Tual, penyerahan bantuan tong sampah dari Kepala Cabang BRI Malra dan Peninjauan lokasi TMMD.

Turut hadir pada kegiatan tersebut selain Bupati, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Dandim 1503/Tual
Letkol Arh. Yoyo Karyo, unsur pimpinan Forkompinda dan Pimpinan OPD dari Kota Tual dan Kabupaten Malra dan Ketua Persit KCK Ranting Kodim 1503/Tual beserta Anggota. Sedangkan, tema yang diangkat yaitu, “Bersama TMMD Membangun Untuk Kesejatraan Masyarakat”. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com