Kesehatan

Pemkab KKT Dan BPJS Kesehatan Teken MoU UHC

IMG-20190722-WA0028

SAUMLAKI,MALUKU – Bagian Humas pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dalam rilisnya yang diterima INTIM NEWS, menyebutkan, dalam Apel Gabungan , Senin (22/07/2019) di pelataran kantor bupati, sekaligus dilakukan Penandatanganan MoU Universal Healt Coverage (UHC), antara Pemerintah KKT dengan BPJS Kesehatan Cabang Ambon. Hadir dalam apel tersebut, Wakil Bupati Agustinus Utuwaly, Afliana Latumakulita sebagai Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon dan jajarannya, para pejabat dan ASN lingkup pemerintah daerah KKT.

Petrus Fatlolon selaku Bupati dalam arahannya mengatakan, dengan ditandatanganinya MoU ini, berarti sudah 96 persen masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar, tercover dengan BPJS Kesehatan.

Bupati menuturkan, hal ini sejalan dengan misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022, salah satunya dengan mewujudkan pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat di KKT.

Di Provinsi Maluku, sebut Bupati, dari 11 kabupaten/kota, tercatat baru 4 daerah yang telah menandatangani MoU dengan pihak BPJS, dengan konsekuensi penyediaan anggaran yang sesuai.

” Penandatanganan MoU ini sebagai bukti nyata, bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk mewujudkan Tanimbar sehat. Tidak sekedar slogan belaka, tetapi dapat diimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan, termasuk dukungan anggaran yang cukup,” tuturnya.

Bupati menerangkan, sesuai data yang ada, sekitar 96 persen masyarakat termasuk ASN, sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan dan masih tersisa 4 persen yang belum tercover. Sehingga diharapkan, tahun 2022 diakhir masa jabatan pemerintahan saat ini, sudah bisa rampung 100 persen.

IMG-20190722-WA0029

” Sesuai catatan BPJS Cabang Ambon, sesungguhnya dengan penandatanganan MoU ini, seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar sudah tercover 100 persen BPJS Kesehatan. Apabila ada masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan BPJS, pemeritah daerah dan seluruh ASN wajib mensosialisasikan secara merata, di seluruh desa dan dusun di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, agar masyarakat paham dan memperoleh pelayanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta, melalui penandatanganan MoU ini seluruh ASN untuk terus mensosialisasikan dan menyampaikan kepada masyarakat, agar bisa memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di pusat-pusat pelayanan kesehatan setempat.

” Masyarakat yang belum memiliki KIS, agar bisa mendatangi dan mengurusnya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
Kami atas nama pemerintah daerah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan itikad baik dari BPJS Cabang Ambon dan BPJS Cabang Saumlaki, khususnya di bidang kesehatan kepada masyarakat,” ajak Bupati.

Sebelum mengakhiri arahannya dalam apel gabungan tersebut, Bupati juga meminta kepada seluruh ASN agar taat serta, disiplin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, demi mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (IN06/HumasKKT)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com