Ekonomi

Pantai Hukurila Memenuhi Kriteria Tempat Wisata

IMG-20190716-WA0033

 

AMBON,MALUKU – Debby Selanno, salah satu Dosen yang mengabdi pada Universitas Pattimura, mengatakan, Pantai Hukurila memenuhi kriteria sebagai salah satu tempat tujuan wisata. Hal ini disampaikan nya, disela-sela dirinya menjadi salah satu narasumber pada Focus Group Discussion (FGD) , yang digelar oleh Pemerintah Kota Ambon, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappekot), Selasa (16/07/2019), di salah satu hotel di Kota Ambon.

Melalui kajian yang sudah dilakukan, Pantai Hukurila memenuhi semua kriteria untuk, kegiatan wisata pantai dengan kategoi rekreasi dan wisata bahari. Memang masih ada beberapa kekurangan seperti , Sumber Daya Manusia (SDM) , juga dari sisi sarana dan prasarana. Karena hal ini, sangat penting guna mendukung satu lokasi menjadi daerah wisata,” ungkap Debby, saat FGD terkait Pembahasan Draft Laporan Study Kelayakan Pengembangan Kawasan Pariwisata Desa Hukurila.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan dari hasil kajian ini. Oleh karena itu, Bappekot harus bisa menindak lanjuti dengan pemerintah negeri Hukurila.

” Yang paling penting dalam kajian ini, harus ada kerja sama antara pemeritah kota dengan masyarakat negeri Hukurila. Karena bukan cuma masalah fisik dan yang kita kaji namun , lebih dari pada itu, aspek sosial, ekonomi dan budaya juga harus didorong. Supaya, saat negeri sudah siap menjadi destinasi wisata, mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris kota Ambon A.G.Latuheru, dalam sesi wawancara kepada awak media menyampaikan, kegiatan yang dilakukan hari adalah, laporan hasil kajian dari Tim Unpatti yang melakukan study kelayakan yang hasilnya, sudah sama-sama kita bahas.

” Memang dalam kajian semua sudah bagus, namun masih ada beberapa hal masih perlu untuk dilengkapi,” ungkap Sekkot.

Oleh karena itu, jelasnya, tujuan dari pada kegiatan hari ini, supaya dari hasil diskusi bersama ini bisa kita sampaikan kepada pemerintah kota, untuk selanjutnya apa yang harus kita lakukan di sana, apa yang desa harus kerjakan dan apa yang harus dilakukan oleh SKPD di sana. Disamping itu juga, harus memperhatikan hal yang lain.

” Mengingat pada tahun 2020 mendatang, kota Ambon sudah ditetapkan menjadi kota tujuan wisata, oleh karena itu, kita fokus kepada pengembangan Negeri Hukurila dan beberapa destinasi wisata lainnya yang ada di kota Ambon, seperti Lawena dan Pintu kota,” sebutnya.

Dia berharap, adanya kerja sama antara pemerintah Negeri Hukurila dan pemeritah kota Ambon, serta pihak terkait dalam mewujudkan Ambon sebagai kota tujuan wisata, pada tahun 2020 mendatang. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com