Kota Tual

Mayjend TNI Bambang Suswantoro, Adakan Wasev Pelaksanaan TMMD Di Malra

IMG-20190729-WA0061

MALRA,MALUKU – Assisten Potensi Maritim (Aspotmar) KASAL, Mayjend TNI (Mar), Bambang Suswantoro dan rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Kunjungan petinggi TNI tersebut, dalam rangka Pengawasan dan Evaluasi (Wasev), pelaksanaan TMMD ke-105 Kodim 1503/Tual-Malra.

IMG-20190729-WA0064

” Sesuai dengan surat perintah yang Saya terima dari Mabes TNI, untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi atas kegiatan TMMD Ke 105, di wilayah Kodim 1503. Saya sengaja minta ke Kabupaten Malra, karena jarang dikunjungi orang,” ujar Bambang Suswantoro, saat tatap muka bersama Forkopimda dan masyarakat di Balai Pantai Wisata Ohoider Tawun.

Dikatakannya, ada beberapa alternatif yang ditawarkan namun dirinya lebih memilih berkunjung dan melakukan pengawasan di Indonesia bagian timur, sebagaimana program pemerintah pusat , pembangunan akan di mulai dari pinggiran yakni, daerah-daerah perbatasan lebih khusus Indonesia bagian timur.

” Untuk itu, kita hadir di sini untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan TMMD. Di samping itu, lebih jauh Saya juga akan menyempatkan waktu, untuk melihat bagaimana potensi maritim di wilayah ini, tentunya sesuai kapasitas Saya sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar),” katanya, Senin (29/07/2019).

Selaku Ketua Tim Wasev, Bambang Suswantoro menyampaikan terima kasih serta, memuji kinerja Dandim 1503/Tual- Malra, karena telah sukses melaksanakan kegiatan TMMD, juga komunikasi serta koordinasi yang baik, dengan pemeritan daerah yang terus memberikan perhatian serta dukungan.

” Kegiatan TMMD, pada sasaran fisik berupa rehabilitasi rumah milik warga. Ada beberapa rumah yang benar-benar langsung di robohkan. Ini sesuatu hal yang luar biasa, harus juga disertai dengan hati yang betul-betul tulus, tidak hanya sekedar menjalankan perintah dan Saya sangat salut dengan Dandim 1503 dan prajurit Satgas TMMD, juga pemerintah daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Malra M . Taher Hanubun, mengawali sambutannya mengatakan, pemerintah daerah sangat menyambut baik atas kegiatan dan pelaksanaan program pembangunan TMMD yang ke 105.

Menurut Bupati, melalui TMMD berbagai program dan kegiatan pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik telah dilaksanakan. Tentunya, sangat selaras dengan tujuan pembangunan daerah serta mendapat perhatian dan partisipasi masyarakat.

IMG-20190729-WA0062

” Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Tenggara, memberikan apresiasi atas perhatian TNI dan kunjungan Pak Bambang selaku ketua Wasev, ke lokasi TMMD di Ohoi Ohoider Tawun, dan Alhamdulillah hingga saat ini, kegiatan TMMD dapat berjalan baik dan lancar,”ujar Bupati.

Dirinya mengakui, persiapan pemerintah daerah dari segi anggaran untuk kegiatan TMMD, memang masih sangat minim. Namun dikatakannya, kedepan akan lebih di tingkatkan lagi, mengingat program dan kegiatan TMMD dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, Bupati juga berharap agar TMMD tahun 2020 nanti, dapat dilaksanakan di Kei Besar.

” Kabupaten Malra terdiri dari Kepulauan Kei Kecil dan Kei Besar. Saya berharap program TMMD yang akan datang, kita laksanakan di Kei Besar, terutama di bidang perumahan dan infrastruktur, sehingga ada pemerataan dari segi perhatian dan pembangunan,” pinta Bupati.

Bupati menambahkan, pemilihan lokasi TMMD di Ohoi (Desa-red) Ohoider Tawun, merupakan langkah yang sangat strategis, mengingat di ohoi tersebut meskipun agak kecil, namun terdapat tiga komunitas agama baik Islam, Kristen Katolik dan Protestan, yang hidup saling berdampingan dengan rukun dan damai serta, sama sekali tidak tersentuh dengan peristiwa 1999.

” Dengan TMMD, Saya percaya bahwa kebersamaan akan semakin terbangun, dalam semangat untuk membangun Ohoi dan masyarakat. Ohoider Tawun dalam posisi strategis, sebagai kawasan potensial pariwisata di daerah. Dengan demikian, TMMD ini telah ikut mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan pariwisata, sebagai sektor unggulan di daerah ini,” pungkasnya.

IMG-20190729-WA0063

Kegiatan tersebut, diakhiri dengan pemberian bantuan alat penetas telur ayam oleh Mayjend TNI (Mar). Bambang Suswantoro, kepada masyarakat setempat.

Diketahui, sebelumnya, pukul 11.10 Wit Pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK yang membawa Tim Wasev landing di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Ibra, Langgur. Rombongan di jemput langsung oleh Bupati Malra, Wakil Bupati Ir. Petrus Beruatwarin, pimpinan Forkompinda, Ketua Persit Cabang KCK Kodim 1503/Tual dan Ketua Jala Senastri. Rombongan di sambut dengan upacara adat, oleh Kapitan Kirkes Ibra. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com