Kota Ambon

Kembangkan Jiwa Leadership, Diknas Kota Ambon Gelar Pembinaan Pengurus OSIS

IMG-20190722-WA0030

AMBON,MALUKU – Guna mengembangkan jiwa leadership yang intelektual dan spiritual, Pemerintah Kota Ambon, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menggelar pelatihan pembinaan bagi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kota Ambon, di Aula Wisma Gonsalo, Senin (22/07/2019).

Dalam sambutanya, Sekretaris kota Ambon A.G.Laluheru mengatakan, kegiatan yang dilakukan hari ini menurut hemat Saya, mempunyai nilai yang sangat strategis, bagi pengembangan generasi muda di masa yang akan datang.

” Saya sangat berharap sungguh, nantinya di kemudian hari apa yang diterima di hari ini, bisa dimaknai sebagai sebuah proses pembelajaran terutama, bagi anak -anak pengurus OSIS yang hadir hari ini. Karena rata-rata ketua OSIS adalah sebagai panutan, bukan yang suka buat ulah di sekolah,” tegas Sekot.

Lagi katanya, kalau ada ketua OSIS yang sering membuat ulah di sekolah, itu berarti ada yang keliru, proses yang tidak tepat. Sebab yang Saya tahu, penunjukan ketua OSIS di sekolah bukan lagi merupakan penunjukan kepala sekolah atau guru pembina, tetapi melalui sebuah proses langsung di sekolah.

Dirinya menilai, itu harus dilakukan sebagai sebuah proses pembelajaran yang mesti dilakukan saat ini dan proses ini pun, harus tetap dilakukan sampai kapan pun. Musyawarah untuk mencapai mufakat, sangatlah penting dalam sebuah proses demokrasi, itu juga berlaku di organisasi terkecil apapun, termasuk OSIS.

” Kalau sudah dimulai dengan pola seperti ini , Saya percaya semua kalian akan bertumbuh, dalam pertumbuhan demokratis yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945, mesti kita jaga terutama dalam upaya untuk membina diri dan karakter masing-masing, untuk kemudian menjadi pemimpin yang baik dan berkualitas,” ajaknya.

Sekot menuturkan, di era dulu, agak berbeda dengan masa sekarang. Karena itu, silahkan gunakan IT sebaik mungkin. Tetapi juga, harus ada yang menyaring, supaya saudara tidak jatuh dalam menggunakan teknologi informasi, terutama dalam upaya memanfaatkan media sosial.

Dirinya meminta, kepada seluruh generasi muda di kota Ambon, terutama yang tergabung di dalam OSIS agar mewaspadai semuanya. Jangan turut membagikan berita atau postingan yang belum tahu kejelasannya, jangan sampai meneruskan hal yang tidak benar, bohong atau hoax, itu dapat berdampak negatif bagi diri kita. Ajak nya lagi, harus menjadi pengurus yang aktif jangan yang pasif, terutama sebagai pimpinan OSIS.

“Jika saudara aktif, saya percaya kalian akan menjadi kader penerus perjuangan, bukan hanya di daerah tetapi di nasional. Bahkan dapat menguasai dunia, karena itu, isilah pengetahuan sebanyak mungkin dengan ilmu kepemimpinan , harus menjadi bintang di kelas,” tuturnya.

Kepada seluruh pembina, Sekot menghimbau, untuk tidak membiarkan mereka sendiri, tetapi kawal terus mereka , jaga dan terus perhatikan mereka, dalam langkah pengabdian di sekolah. Diharapkan, dapat menjadi penerus bangsa ini. (CR01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com