Hukum & Kriminal

Diduga Jadi Sarang Kriminal, Kapolres Babat Rumput Di Lokasi Pasar Un Tual

received_2285169161562903

TUAL,MALUKU – Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tenggara (Polres) Malra, yang dipimpin Kapolres AKBP Indra Fadillah Siregar beserta jajaran, di bantu anggota Brimob setempat, melakukan aksi bersih- bersih di lokasi pasar baru yang terletak di Un, Pantai Kota Tual, Sabtu (06/07/2019).

Pantauan INTIM NEWS, Kapolres ikut turun tangan melakukan pembersihan dengan membabat rumput yang tumbuh, menutupi sebagian besar bangunan pasar baru yang belum juga difungsikan, oleh pemerintah kota setempat.

Usai melakukan aksi bersih -bersih, Kapolres kepada wartawan menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pencegahan. Yang mana di ketahui baru -baru ini, terjadi kasus tindakan kekerasan disertai pemerkosaan, yang terjadi di lokasi pasar baru tersebut.

received_2343183655749553

” Kejadian diduga adanya tindakan kekerasan, disertai pemerkosaan sekitar seminggu yang lalu dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi pasar baru ini dan kasus nya, sudah kita tangani. Namun, sampai sekarang korban belum bisa kita mintai keterangan secara lengkap,” ujar Kapolres.

Dikatakannya, untuk kasus tersebut Polres akan terus memproses, namun pihaknya masih membutuhkan keterangan keterangan saksi dan semoga secepatnya, akan mengungkap perkara tersebut.

Dijelaskan oleh Kapolres, aksi itu dilakukan karena Kepolisian telah mengecek TKP dan adanya informasi langsung dari masyarakat, bahwa lokasi pasar baru dijadikan tempat untuk berpacaran, nongkrong sambil minum minuman keras.

Menurutnya, berulang kali kami Kepolisian telah menyampaikan agar masyarakat, dapat menghindari tempat- tempat seperti lokasi pasar ini, karena bisa mengundang atau memancing tindak pidana kekerasan.

received_1054572874739510

” Aksi ini bagian dari proses pencegahan dan bisa kita lihat sendiri lokasi pasar baru ini sangat rawan, banyak rumput yang tinggi menutupi bangunan, hingga sangat terbatas jarak pandangnya, apalagi kalau malam hari,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, yang bisa kita lakukan saat ini adalah mencegah, agar lokasi tersebut jangan sampai dijadikan tempat, yang menjadi kesempatan kejahatan itu datang. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan patroli, di beberapa lokasi rawan lainnya.

received_280067869490983

” Yang paling penting, Saya himbau kepada masyarakat Kota Tual dan Malra, Saya minta dengan sangat, jangan pergi berduaan atau berpacaran di tempat- tempat yang bisa mengundang terjadinya tindakan kejahatan. Kepolisian bisa patroli tiap jam dan melakukan aksi pencegahan lainnya. Misalnya, pembersihan lokasi dari rumput dan pohon di lokasi ini sementara saja, karena pasti akan tumbuh lagi dan kalau keinginan dari pemuda- pemudi yang terus datang, yah susah juga,” keluhnya.

Kapolres menghimbau, masyarakat jangan membiarkan kesempatan agar kejahatan itu terjadi, karena kejahatan bukan hanya tugas Kepolisian untuk menumpas, tetapi juga kesadaran dan dukungan dari masyarakat sehingga dapat mencegah, menghindari, kejahatan itu terjadi.

” Karena ada niat ada kesempatan, sempurnalah kejahatan itu. Kesempatan ada tetapi niat tidak ada tidak jadi, ada niat untuk melakukan tetapi, kesempatan tidak ada pun tidak jadi. Sehingga, kalau misalnya pacaran atau berduaan malam- malam gelap di tempat seperti ini, maka kita telah memberikan kesempatan dan niat itu, maka terjadilah kejahatan itu,”tandasnya.

Pihaknya, tambah Kapolres, juga telah melayangkan surat kepada Pemerintah Kota Tual, agar lokasi-lokasi yang dijadikan tempat nongkrong muda- mudi agar di beri lampu penerangan dan di pasangi pembatas.

” Kita tahu sendiri bahwa rumput yang kita bersihkan hari ini akan tumbuh lagi. Saya berharap, ini dapat dilakukan secara rutin dan dari Pemkot yang memiliki lahan dan bangunan, juga harus lebih a ware. Saran Saya, agar lokasi -lokasi yang di anggap rawan di kasih penerangan yang cukup dan selama lokasi pasar ini belum dipakai, agar jalan masuknya di pasang portal aja,”pungkasnya . (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com