Ekonomi

Bupati : Kalau Saudara Kembali Ke Negara Asal, Sampaikan Keindahan Pulau Kei

IMG-20190725-WA0003

MALRA,MALUKU – Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Thaher Hanubun berpesan kepada pada wisatawan yang tergabung dalam peserta perahu layar (Yacther) bahwa, kalau kembali ke negara asal, sampaikan keindahan Pulau Kei. Pesan ini disampaikan oleh Bupati, saat menerima peserta perahu layar Wonderful Sail to Indonesia, (WSI) in Debut tahun 2019, di Selat Hoat Sorbay, Ohoi Debut, Kecamatan Manyeu, Kabupaten Malra, yang di kemas dalam acara welcome ceremoni, Rabu (24/07/2019).

IMG-20190725-WA0001

” Selamat datang dan selamat menikmati perayaan ini. Saya menitipkan pesan untuk saudara semuanya, kalau saudara kembali pulang Ke negara asal masing- masing , sampaikan keindahan tentang Pulau Kei. Kami berharap dan menunggu saudara semuanya, akan kembali bersama kerabat dan keluarga, untuk menikmati keindahan Kei Island yang indah ini,” ujar Thaher sambil berpesan, saat memberikan sambutannya.

Sebut Bupati, Kei, Maluku Tenggara, memiliki 68 buah pulau dan hampir semua pulau memiliki keunikan dan keindahan masing-masing, yang terbagi atas Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Masyarakatnya murah senyum, ramah dan kami semua siap menyambut dan menerima peserta Wonderful Sail In Debut.

Pada kesempatan itu, di hadapan peserta, Bupati menjelaskan tentang keindahan alam yang tersebar di Malra. Selain itu, ada juga wisata religi yang menjadi kebanggaan masyarakat di wilayah itu.

IMG-20190725-WA0000

” Selain pantai yang menyuguhkan hamparan pasir putih terhalus ke-2 di dunia, ada juga wisata budaya dan wisata religius di mana, Mgr. Yohanes Arts dan kawan- kawan di tembak mati, dalam sejarah perjalanan menyebarkan agama Katolik di Kepulauan Kei. Saya meminta dan berharap agar lokasinya bisa dikunjungi,” pinta Bupati.

Dirinya berharap, teman- teman peserta WSI, bisa betah dan kalau tidak diagendakan, bisa tinggal lebih lama lagi di Kei dan kami semua pasti menerima sebagai bagian dari keluarga kami.

Sementara itu, mewakili para peserta yachter, Mr. Stuart menyampaikan ungkapan terima kasih dan sangat bahagia, di sambut dengan meriah dan penuh kegembiraan.

” Selamat pagi semuanya, terima kasih banyak. Kami sangat tersanjung dan kami bahagia sekali atas penerimaan dan penyambutan masyarakat Maluku Tenggara. Sekali lagi terima kasih banyak atas sambutan welcome ceremony yang sangat meriah ini,” ujarnya.

Sekedar tahu, sebanyak 56 armada perahu yacht berlabuh di Teluk Hoat Sorbay. Sementara para peserta yachters berdatangan ke lokasi pembukaan Sail Indonesia In Debut, dengan menggunakan sekocinya, sambil mengibarkan bendera negara masing-masing.

Bupati di dampingi Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin, Ketua Panitia (Plt Sekda) M. Teslattu, bersama perwakilan Kementerian Kemaritiman dan Pariwisata, para tamu undangan dari Propinsi Maluku dan pusat, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Malra beserta masyarakat , turut menyambut kedatangan para wisatawan.

Turut hadir pada acara welcome ceremony tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata RI Dadang Rizki Ratman, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Habiba Saimima, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Area IV. Kamal Rimosan, Kepala Kantor Bea dan Cukai Malra M. Anshar dan beberapa Pimpinan TNI dan POLRI.

IMG-20190725-WA0002

Kegiatan Wonderful Sail To Indonesia In Debut Tahun 2019, menjadi yang ke-3 kalinya terselenggara di Kabupaten Malra. WSI merupakan bagian dari program Kementerian Kemaritiman dan Pariwisata RI. Para Yachters yang berkunjung ke Indonesia di Ohoi Debut, berjumlah 105 orang, berasal dari 12 negara dan 54 kapal. Para peserta Yachters berasal negara AS, Perancis, Spanyol, Jerman, Belanda, Swedia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Australia dan Norwegia. (IN09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com