Maluku

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Maluku Gelar Lomba

20190618_105550

AMBON,MALUKU – Melestarikan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Maluku, Selasa (18/06/2019), menggelar dua mata lomba di salah satu hotel di Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas (Kadis) Mustafa Sangadji menuturkan, kali ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, menggelar lomba pustakawan berprestasi terbaik dan lomba bercerita.

Sebut Mustafa, untuk lomba pustakawan, diikuti oleh ASN dan Pengelola Perpustakaan keterwakilan dari 11 kabupaten/kota sebanyak 25 peserta. Sedangkan, lomba bercerita, diikuti oleh 39 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Iptidayah (MI), keterwakilan dari 11 kabupaten/kota pula.

Mustafa Sangadji Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku

Mustafa Sangadji
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku

Menurutnya, hidup di era informasi, kita akan tertinggal jauh tanpa kita sadari, apa yang harus dilakukan oleh para pustakawan? Barangkali ada beberapa hal yang dapat Saya sarankan untuk para pustakawan berani menghadapi kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, dengan cara meningkatkan dan memperbaiki keterampilan.

” Untuk para pustakawan harus berani menghadapi kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, dengan cara meningkatkan dan memperbaiki keterampilan
administrasi atau manajemen, keterampilan teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan literasi informasi serta keterampilan presentasi,” ucap Kadis.

Sementara itu, kata dia, kemampuan dan kesenangan membaca, merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal dan non formal yang harus tetap dijaga, ditingkatkan eksistensinya, melalui berbagai bacaan dan media untuk, menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, kecerdasan, kreatifitas dan peningkatan rasa persatuan dan kesatuan.

20190618_105745

” Mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan sendiri di sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya terutama melalui perpustakaan yang ada di sekolah, keluarga dan areal kampus maupun dimana saja berada,” ujarnya.

Kadis menerangkan, dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca di tingkat SD/MI dan melestarikan aneka budaya daerah lokal serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya seni dan tutur bahasa, dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa, Perpustakaan Nasional RI, pada tahun 2019, akan melaksanakan Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI, baik negeri maupun swasta tingkat nasional, dengan tema ” Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Kreatifitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia “.

Sekedar tahu, juri yang dilibatkan dalam kedua lomba tersebut yakni dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Universitas Pattimura dan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku. Lomba berlangsung selama 2 hari, sampai tanggal 19 Juni 2019. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com