Kota Ambon

Pemkot Ambon Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Bermusik

FB_IMG_15587417605126086

AMBON,MALUKU – Meningkatkan kapasitas bermusik , Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Ambon Music Office (AMO), menggelar Workshop bagi para insan pemusik di kota Ambon.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekrertaris kota Ambon A. G. Latuheru mengatakan, musik sudah mengalir dalam diri masyarakat kota Ambon dan Ambon sudah siap menjadi kota musik dunia pada dasarnya, hanya tingkat tunggu pengakuan atau legitimasi dari UNESCO.

Katanya, sudah ada dukungan dari kota – kota yang sudah menjadi kota musik. Oleh karena itu, tugas kita untuk melengkapi kekurangan termasuk juga melengkapi dari sisi teman-teman para musisi lain yang ada di Indonesia.

” Kota musik dunia hanyalah bonus kepada kota Ambon, untuk membangun jejaring antara kota musik dunia yang akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Latuheru.

Dia berharap, setelah Ambon menjadi kota musik dunia, bisa lebih memacu semangat bermusik masyarakat kota Ambon untuk kreatif, dalam hal memajukan kota Ambon di mata Dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Ambon Musik Office (AMO) Ronny Loppies kepada wartawan menuturkan, sampai dengan saat ini, persiapan Ambon untuk menuju kota musik dunia sudah bisa di katakan 99 persen . Tinggal mengisi beberapa kekurangan saja seperti, menyesuaikan bahasa kita dengan bahasa UNESCO.

“Menjadi kota musik dunia adalah, bonus dari UNESCO tetapi ekosistem bermusik harus tetap berlanjut. Dalam pengertian, setelah kita menjadi kota musik dunia lalu tahun – tahun berikutnya, tidak lagi karena UNESCO hanya menetapkan logo dan kita bertugas untuk terus menjaganya,” kata Ronny.

Harapnya, dengan dilakukannya peningkatan kapasitas ini, para musisi Ambon bukan hanya bisa memproduksi tapi juga bisa mendistribusikan musik ke daerah-daerah lain di Indonesia.

” Selain meningkatkan kapasitas bermusik, tujuan lain dari kegiatan ini juga adalah, untuk meningkatkan skil yang sudah ada. Minimal, sesuai dengan perkembangan jaman serta, bisa merubah mindset terhadap cara bermusik,” tutupnya.

Berlangsung di salah satu hotel di kota Ambon, Jumat (24/05/2019), kegiatan di hadiri oleh komnitas musik kota Ambon, Sekretaris kota Ambon dan Direktur Ambon Music Office (AMO).

Selain itu, musik bagi orang Ambon sudah menentukan jati diri yang sangat signifikan, dengan kota -kota musik lain di dunia. Musik sudah mengalir dalam sendi-sendi kehidupan Ambones (masyarakat Kota Ambon-red) . (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com