Maluku

Gerry Hukubun : Menteri Bukan Jatah Tetapi Kapasitas

IMG-20190224-WA0063

 

JAKARTA, INTIM NEWS – Apakah jika incumbent Joko Widodo dilantik kembali sebagai Presiden RI, ada perwakilan anak daerah Maluku duduki kursi salah satu menteri? Pastinya masyarakat Maluku bangga, jika ada anak daerah masuk kabinet kerja Presiden Joko Widodo.

Kepada INTIM NEWS, menanggapi hal ini, Gerry Hukubun mengatakan, jika memang Maluku mendapatkan kesempatan memiliki perwakilan menteri di pemerintahan berikut, maka menurut pribadi Saya, Pak Nono Sampono adalah orang yang sangat pantas untuk mendapatkan posisi tersebut.

Politisi Partai Hanura ini menilai, menjadi seorang menteri dalam pemerintahan saat ini, bukan hanya di lihat dari nilai tawar politik semata, melainkan kemampuan kapasitas dan pengalaman di pemerintahan pun, menjadi satu tolak ukur bagaimana seseorang pantas menyandang posisi menteri.

Gerry menyebutkan, melihat pergantian atau resuffle kabinet di era pemerintahan Pak Joko Widodo dan Pak Jusuf Kalla 5 tahun terakhir , dimana, pergantian di lakukan beberapa kali bahkan, bisa dikatakan resuffle terbanyak sepanjang sejarah pemerintahan Indonesia berdiri.

nono-sampono-rev-1

Dapat disimpulkan, dirinya menilai, pemerintahan Pak Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, sangat menginginkan kabinet yang betul-betul mempunyai kapasitas, kredibilitas serta komitmen yang tinggi, untuk bersama-sama memajukan dan membangun negeri ini. Oleh sebab itu, kata dia, sebuah nilai tawar politik semata tidak dapat menjadi satu-satunya nilai tawar, untuk dapat menjadi satu barometer pemerintahaan berikut guna menentukan menterinya .

” Kita di Maluku, memang memiliki beberapa tokoh yang dapat dikategorikan masuk dalam level nasional. Namun jujur, secara pribadi Saya menilai kapasitas dan kemampuan yang dibutuhkan saat ini oleh pemerintahan berikut, hanya ada di seorang figur Nono Sampono,” akuinya.

Selain kemampuan dan integritas yang dimiliki Nono Sampono, tutur Gerry, beliau juga mempunyai kapasitas yang sangat mumpuni. Nono Sampono sekarang adalah, salah satu pimpinan lembaga tinggi negara yaitu Wakil Ketua DPD RI dan pernah menduduki beberapa jabatan strategis antara lain, sebagai komandan tertinggi Marinir dan sebagai Kepala Basarnas juga secara kemampuan intelektualnya, sudah teruji sebagai salah satu perwakilan daerah Maluku di DPD RI, bahkan menduduki jabatan pimpinan.

” Oleh karena itu, jika pemerintahan berikut memberi kesempatan untuk Maluku mendapatkan perwakilan menteri, maka Pak Nono Sampono adalah figur yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut. Saya pun yakin, apabila beliau mendapatkan posisi menteri, beliau dapat bertahan seperti menteri-menteri lainnya seperti Ibu Susi Pujiastuti, Pak Ignasius Jonan dan Pak Luhut Binsar Pandjaitan,” ujarnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com