Maluku

Dapil 1, 9 Caleg Dipastikan Duduki DPRD Provinsi Maluku

pileg_20180920_163819

AMBON,MALUKU – Setelah bergelut dengan rekapitulasi tingkat PPK pada 5 kecamatan di Kota Ambon, dipastikan 9 calon legislatif (caleg) melenggang ke DPRD Provinsi Maluku berdasarkan jatah 9 kursi yang ada di daerah pemilihan (dapil) 1 Maluku.

Berdasarkan data yang berhasil di kalkulasi INTIM NEWS, Jumat (17/05/2019) , 9 caleg tersebut diantaranya, Lucky Wattimury dari PDI Perjuangan Maluku, Elviana Pattiasina dari Demokrat, Rovik Akbar Afifudin dari PPP, Richard Rahakbauw dari Partai Golkar, Robby Gaspersz dari Partai Gerindra, Ayu Hasanusi dari Partai Berkarya, Jantje Wenno dari Partai Perindo, Rostina dari PKS dan kursi terakhir diraih Eddyson Sarimanella dari Partai Hanura.

Posisi pertama di raih PDI Perjuangan dengan jumlah akumulasi suara partai dan caleg sebanyak 22.061 suara berhasil meloloskan Lucky Wattimury dengan 6.589 suara peroranga.

Disusul Partai Demokrat 21.421 suara hasil akumulasi suara partai dan caleg dan meloloskan Elviana Pattiasina dengan 7.348 suara perorangan dari dapil Kota Ambon. Sebagai incumbent, periode sebelumnya, Elviana mencalonkan diri dari dapil 6 yang mencakup wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Tenggara dan Kota Tual. Namun, posisinya ditukar dengan Ketua DPD Demokrat Maluku Elwen Roy Pattiasina . Informasi yang berhasil dihimpun INTIM NEWS, Elwen Roy belum berkesempatan lolos sebagai aleg dari dapil tersebut.

Posisi ketiga, diraih PPP Maluku dengan akumulasi suara 18.147 suara, berhasil meloloskan pendatang baru yakni, Rovik Akbar Afifudin dengan suara cukup signifikan sebanyak 7.310 suara perorangan. Rovik adalah Anggota DPRD Kota Ambon aktif saat ini. Namun, periode ini, Rovik mencalonkan diri dari dapil kota Ambon ke provinsi.

Golkar dengan akumulasi suara 17.153 berada pada posisi keempat , loloskan Richard Rahakbauw dengan jumlah suara perorangan sebanyak 8.711 suara. Richard meraih suara cukup signifikan dan caleg dengan perolehan suara tertinggi dari 8 caleg yang lolos dari dapil Maluku 1.

Selain itu, disusul posisi kelima oleh incumbent dari Partai Gerindra dengan perolehan akumulasi 17.147 suara. Incumbent tersebut yakni, Robby Gaspersz dengan 5.492 suara perorangan.

Sebagai partai baru, Partai Berkarya mendapatkan rejeki bak durian runtuh. Duduki posisi keenam dengan akumulasi 10.361 suara , Ayu Hasanusi lolos dengan 5.275 suara. Sebelumnya, Ayu mantan Aleg yang bernaung di bawah Partai Hanura Maluku . Namun, akibat tidak sejalan dengan Ketua Umumnya, memilih hengkang dan berlabuh di Partai Berkarya dan lolos.

Sementara itu, partai baru lainnya yakni, Partai Perindo berhasil duduki posisi ketujuh dengan akumulasi 9.773 suara. Alhasil, Tjantje Wenno lolos dengan 3.886 suara perorangan.

Disusul posisi kedelapan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku. Melalui kadernya Rostina, mampu lolos dengan 4.035 suara melalui jumlah akumulasi suara partai dan caleg sebanyak 9.512 suara.

Posisi kesembilan sebagai kursi terakhir dari dapil kota Ambon, diraih Partai Hanura dengan 9.262 suara hasil jumlah akumulasi. Dengan jumlah suara 2.273 suara perorangan, pendatang baru yakni, Eddyson Sarimanela berhasil lolos dengan 2.273 suara.

Diketahui, akumulasi suara partai yang belum mencukupi, tidak mampu meloloskan 7 partai melalui kader mereka yang mencalonkan diri. Antara lain, PKB, Nasdem, Garuda, PSI, PAN, PBB dan PKPI. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com