Kesehatan

Peringati HKB , BPJS Kesehatan Adakan Simulasi

IMG-20190426-WA0013

AMBON,MALUKU – BPJS Kesehatan Cabang Ambon, turut berpartisipasi dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tanggal 26 April 2019, dengan mengadakan simulasi evakuasi mandiri, di kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Jumat (16/04/2019).

Dalam rilis oleh BPJS Kesehatan Cabang Ambon yang diterima INTIM NEWS,kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, menuju Indonesia Tangguh Bencana.

IMG-20190426-WA0012

Diketahui, pelaksanaan simulasi bencana ini juga dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu,Maluku adalah salah satu daerah di Indonesia yang rawan bencana gempa bumi. Oleh karenanya, sangatlah penting memiliki pemahaman terkait evakuasi mandiri, saat terjadi bencana.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Elsa Tutuarima menuturkan, simulasi ini merupakan upaya BPJS Kesehatan, untuk meningkatkan pemahaman pegawai dalam melindungi diri serta, mitigasi resiko timbulnya korban pada saat terjadi bencana.

“ Kita tahu bahwa, Maluku ini merupakan daerah rawan bencana. Oeh karena itu, kami Duta BPJS Kesehatan wajib tahu bagaimana cara mengevakuasi diri, mulai dari diri sendiri. Diharapkan ke depannya, apabila terjadi bencana dapat meminimalisir korban” tutur Elsa.

Simulasi ini, kata dia, melibatkan seluruh pegawai yang berada di kantor, dengan skenario saat seluruh pegawai sedang mengikuti sosialisasi tentang peraturan terbaru kemudian, tiba-tiba ada suara gemuruh reruntuhan, seluruh pegawai spontan melindungi diri, sambil menunggu aba-aba atau alarm untuk evakuasi keluar gedung, menuju ke titik kumpul yang telah disepakati.

Ungkapnya lagi, selanjutnya di titik kumpul diberikan arahan oleh pimpinan kepada pegawai, agar tidak terjadi kepanikan, kemudian ada pegawai yang berperan untuk menghitung jumlah pegawai yang ada, untuk memastikan tidak ada yang tertinggal di dalam gedung.

IMG-20190426-WA0014

Sementara itu, ada juga pegawai yang berperan untuk menghubungi BMKG, untuk mengetahui informasi gempa dan potensi tsunami untuk menentukan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan untuk evakuasi.

Elsa menambahkan, seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Ambon, telah mendapat pembekalan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, terkait penanganan bencana sehingga, kegiatan simulasi ini berjalan dengan baik.

“Sebelumnya, pegawai BPJS Kesehatan telah mendapat sosialisasi tentang penanganan bencana oleh BPBD Provinsi Maluku. Sehingga, simulasi yang dilaksanakan mandiri ini, berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur,” ujarnya. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com