Kesehatan

Konsep Pelayanan Kesehatan Gugus Pulau Sangat Tepat Di Daerah Kepulauan

ea579df03afdf44e3034fefa04163a8b.0

AMBON,MALUKU – Hamin bin Thahir yang menjabat Pelaksana Tugas Harian (Plh) Gubernur Maluku mengatakan, konsep pelayanan kesehatan dengan gugus pulau sangat tepat, digunakan bagi daerah dengan kondisi geografis kepulauan.Dimana, konsep ini membagi atau mengelompokkan beberapa gugusan pulau, untuk dijadikan sebagai sentra yang akan bertanggung jawab, terhadap seluruh program kesehatan di wilayah gugusannya.

” Sentra gugus pulau akan dijadikan sebagai pusat pelayanan rujukan antar fasilitas kesehatan dan pusat pendidikan skil dan update keilmuan, bagi seluruh tenaga kesehatan yang berada dalam wilayah gugusan,” ungkapnya dalam sambutan pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Maluku tahun 2019, Senin (08/04/2019) di Santika Hotel Ambon.

Menurutnya, pembangunan yang seimbang dan terpadu antara aspek ekonomi, sosial dan budaya, merupakan prinsip pembangunan yang harus senantiasa menjadi dasar, dalam rencana pembangunan terutama, pembangunan wilayah pada kawasaan yang secara geografis, di dominasi oleh pulau dengan sebaran pulau kecil yang membutuhkan penanganan khusus.

Dia menegaskan,konsekuensinya adalah, pusat gugusan harus dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang lainnya, yang akan mendukung perannya. Demikian pula dengan distribusi tenaga kesehatan, dengan kualifikasi lengkap yang mempunyai skil yang harus terpenuhi.

“Hasil pembangunan selama 5 tahun terakhir di Maluku, menunjukan trend pertumbuhan yang positif. Begitu pula dengan derajat kesehatan di Maluku, yang mengalami kemajuan yang signifikan usia dan harapan hidup di Maluku, meningkat menjadi 56,72 tahun pada tahun 2018,” pungkasnya.

Lebih jelas sebutnya, untuk meningkatkan derajat kesehatan di Maluku tentuya menjadi tanggung jawab semua pihak, melalui peran masing-masing yang telah terpetakan, dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah , pada rencana strategisnya.

27c0c630793d17e2e90dbcd6c3e5a2c2.0

“Rapat kerja saat ini, memiliki makna yang sangat penting dan strategis, yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan Ibu Nila Djuwita Moeloek dan jajarannya. Semoga dapat memberilkan bobot yang baik, terhadap program-program kesehatan di Provinsi Maluku ini,” tutupnya.

Sekedar tambahan informasi, untuk menghasilkan proses dan output yang baik, dalam menindaklanjuti rekomendasi Rakerkesda yang merupakan kesempatan bersama, antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah maka, dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan tahun 2019 ini serta informasi kegiatan pembangunan kesehatan tahun 2020, maka di gagas Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) .

Selain itu, secara umum kegiatan ini bertujuan sebagai forum tingkat daerah, khususnya untuk bidang kesehatan, dalam merumuskan rencana aksi yang akan dilakukan pada tahun 2019, untuk meningkatkan kinerja dan capaian -capaian indikator prioritas kesehatan yang membutuhkan sinergisme, integrasi dan kolaborasi serta memerlukan peran pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota.

Rakerkesda, dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita Moeloek . (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com