Ekonomi

Bea Cukai Apresiasi Pemda Malra Dan Pemkot Tual

b51e98852a74dc98f25766483183ecb7.0

TUAL,MALUKU – Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Tual dan Maluku Tenggara (Malra), terus berupaya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) terpadu, melalui siswa- siswi SMA, MA, SMK, agar dapat mengenyam pendidikan berbasis jaminan kerja, di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

“Bea Cukai bertekad untuk menjadikan anak-anak yang ada di Kepulauan Kei, agar menjadi pegawai pada Kementerian Keuangan dan tentunya, kami butuh dukungan dan partisipasi semua pihak, untuk dapat kita wujudkan bersama- sama,” ungkap Kepala Kantor DJBC M. Anshar, yang ditemui disela-sela pendaftaran calon mahasiswa baru di Tual, Selasa (09/04/2019).

Anshar mengatakan, sejak 2018 lalu dengan keterbatasan disinformasi , Bea Cukai telah berusaha sehingga dari 77 peserta yang mendaftar, ada 2 orang dari Kabupaten Malra yang diterima sebagai mahasiswa PKN STAN.

“Untuk tahun 2019 ini, kami lebih sistematis lagi dalam menyampaikan informasi ini, sekaligus melakukan berbagai bimbingan teknis, baik cerdas cermat, custom on air, custom go to school, bimbingan belajar sekaligus try out (uji coba), itu sudah kami lakukan, baik di Malra dan juga Kota Tual. Dalam proses semua itu, Saya merasa bangga sekali dengan antusias dan respon yang ditunjukkan putra-putri calon mahasiswa PKN STAN, yang ada di Kepulauan Kei ini,” katanya.

Lanjut Anshar, antusias dan semangat yang ditunjukkan oleh anak- anak kita, dari mulai proses untuk mendaftar hingga ujian nanti, jangan sampai terpatahkan, hanya karena jarak dan juga biaya karena, harus mengikuti ujian ke luar daerah, keluhan dan pertimbangan terkait kondisi geografis, juga dukungan dan koordinasi yang baik dengan Pemda Malra dan Pemkot Tual, sehingga bisa menjawab semua keluhan itu.

“Berkat dukungan Bupati Malra Bapak Thaher Hanubun dan Walikota Tual Bapak Adam Rahayaan, yang telah mengeluarkan surat rekomendasi dan dukungan para kepala sekolah, perwakilan Dinas Pendidikan di sini, sehingga cita- cita untuk pelaksanaan tes hingga ujian nanti, dapat kita dilaksanakan di Tual dan Malra,” ujar Anshar.

Menurutnya, bersama rekan-rekan sangat bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada Direktur PKN STAN, karena ini merupakan sejarah, pertama kali pelaksanaan ujian masuk STAN dapat di laksanakan di Kepulauan Kei.

21b9c82322d4773a40ed0cfb9999e616.0

Dijelaskan lebih lanjut oleh Anshar, kesiapan menyambut pelaksanaan tes dan ujian tersebut, maka berbagai informasi pun telah di sebarkan baik melalui media elektronik, pembuatan poster yang dibagikan ke seluruh sekolah, termasuk juga bantuan dari Kodim 1503, melalui Babinsa ke semua desa dan dusun di kepulauan Kei, pengumuman lewat RRI, dengan harapan informasi ini bisa menjangkau ke seluruh kepulauan Kei.

“Sesuai pengumuman dari Direktur STAN, pendaftaran calon mahasiswa dimulai dari tanggal 9 sampai dengan 30 April. Sementara untuk pelaksanaan ujian nanti, baru akan dimulai pada tanggal 3 sampai dengan 13 Juli 2019. Hari ini, proses pendaftaran sudah berjalan dan antusias anak- anak kita di hari pertama ini, sudah ada sekitar 40 sampai 50 orang. Ini respon yang luar biasa, dan menurut Saya siswa- siswi kepulauan Kei hebat,” puji Anshar.

Anshar berharap, kepada para orang tua, para guru dan anak- anak calon mahasiswa, agar mengambil peluang ini dengan terus mengajak sebanyak mungkin untuk mendaftar.

“Partisipasi kita menjadi ukuran agar pelaksanaan ujian selanjutnya, dapat dilaksanakan di daerah ini. Dan, bagi mereka yang sudah mendaftar agar dapat memanfaatkan sisa waktu dengan berdoa, mohon ridho orang tua dan berikhtiar, agar persiapan ujian masuk PKN STAN nanti, mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com