Maluku

Layanan Pendidikan Di Malra Masih Perlu Mendapatkan Perhatian

IMG-20190314-WA0016

MALRA,MALUKU – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M.Thaher Hanubun mengakui,layanan pendidikan di kabupaten Malra, masih memerlukan perhatian.Hal ini diungkapkan oleh Bupati,dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten III Bernadus Rettob ,Kamis pagi ( 14/03/2019) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malra, dalam agenda Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2019 , dinas yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se derajat di daerah tersebut.

“Pelayanan pendidikan di Kabupaten Maluku Tenggara yang saat ini sesuai indikator Rata-Rata Lama Sekolah, sebesar 9,27 tahun dan Harapan Lama Sekolah 12,85 tahun. Angka ini menunjukan , layanan pendidikan masih perlu mendapatkan perhatian, baik dari aspek partisipasi , mutu, akses maupun tata laksananya,”kata Bernadus, mengutip sambutan Bupati.

IMG_3530

Untuk itu, jelasnya, setiap instrumen dan atribut penyelenggaraannya, harus terus ditingkatkan. Salah satu atribut penting penyelenggaraan pendidikan , dalam rangka sinergitas pembangunan adalah, aspek perencanaan.

” Perencanaan yang baik , akan menjamin kualitas pelaksanaan. Sebaliknya, gagal dalam perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan. Terkait itu pula, maka Forum Perangkat Daerah di hari ini, juga merupakan satu tahapan penting, dari keseluruhan tahapan besar perencanaan tahunan pemerintah daerah , harus dapat dioptimalkan fungsi dan kedudukannya, guna mewujudkan perencanaan yang baik tersebut ,” terangnya.

Menurutnya, forum perangkat daerah sebagai wadah partisipatif ,penjaringan aspirasi. Disamping itu, sekaligus sebagai forum koordinasi , klarifikasi dan harmonisasi usulan kecamatan dengan rancangan kerja perangkat daerah , hendaknya menjadi forum yang terbuka, untuk mendapatkan segala masukan dan saran , terkait dengan usulan kegiatan , sesuai dengan lokasi , volume maupun sumber pendanaanya.

IMG-20190314-WA0006

” Forum ini Saya harapkan, dapat menjadi sarana penyampaian kebutuhan masyarakat yang terangkum dari Musrembang ,di tingkat kecamatan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut Saya harapkan, dapat didokumentasikan secara baik. Sehingga, bilamana pada tahapan ini, akibat dari keterbatasan anggaran , kebijakan maupun aturan yang membatasi , maka dapat dicari solusi lainnya , sepanjang itu semua merupakan kebutuhan penting dan mendesak yang benar-benar datang dari kondisi faktual di dalam masyarakat ,” harapnya.

Sekedar tahu, tema yang diangkat dalam forum SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Malra tahun 2019, yakni , ” Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Infrastruktur Untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas dan Penurunan Kemiskinan . (IN09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com