Kesehatan

DPPKB Kota Ambon Gelar Pelatihan Peningkatan Ekonomi Keluarga

IMG-20190314-WA0100

AMBON,MALUKU – Meningkatkan ekonomi keluarga serta menurunkan angka kemiskinan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga, membuat Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, menggelar Pelatihan Peningkatan Ekonomi Keluarga,di Lantai II Balai Kota Ambon , Kamis (14/03/2019).

Asisten III Bidang Asisten Bidang Administrasi Umum, Sekretariat kota Ambon, Romeo Soplanit saat membacakan sambutan Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, kegiatan ini merupakan model usaha mikro keluarga yang berfungsi untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga , melalui pembelajaran usaha ekonomi, dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha, dengan maksud mengajak keluarga aktif bergerak, dalam usaha ekonomi produktif serta meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga.

Dia menjelaskan, PPKS merupakan program yang pelaksanaannya, diintegrasikan dengan program KB yang bertujuan untuk, meningkatkan kondisi ekonomi keluarga serta , meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga.

” Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi keluarga adalah, dengan memberikan pembelajaran usaha ekonomi produktif , kepada kelompok peserta KB khususnya , bagi keluarga pra sejahtera melalui kelompok UPPKS,” ungkapnya.

Menurut Romeo, upaya pengembangan kelompok UPPKS, tidaklah semudah yang kita bayangkan. Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini yang cukup signifikan, dengan peralatan maupun kemasan yang serba modern , membuat banyak pelaku usaha mengalami kesulitan , dalam proses pemasaran dan promosi produknya.

Persaingan di era modern, tambahnya, semakin marak dengan munculnya sistem belanja online lewat internet sehingga, membuat banyak UPPKS tidak dapat bersaing karena , mahalnya biaya promosi dan jenis produk yang dihasilkan.

“Diharapkan, dengan adanya kelompok UPPKS dapat meningkatkan pendapatan keluarga yang kemudian, akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan keluarga,baik keluarga peserta KB maupun , seluruh anggota kelompoknya sehingga, kesertaan dan kesinambungan dalam ber-KB , secara tidak langsung dapat ditingkatkan.

Diketahui,keluarga kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ( UPPKS) adalah , sekumpulan keluarga yang saling berinteraksi dan yang terdiri dari berbagai tahapan keluarga sejahtera,mulai dari keluarga pra sejahtera , sampai dengan keluarga sejahtera III plus , baik yang sudah menjadi aksepator Keluarga Berencana (KB), PUS yang belum ber KB, serta anggota masyarakat lain yang berminat dalam rangka mewujudkan, keluarga kecil bahagia sejahtera yang aktif melakukan berbagai kegiatan usaha bersama, dalam bidang usaha ekonomi produktif. (CR – 01 )

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com