Maluku

Constansius : Agenda Mangente Bagusnya Jadi Agenda Tahunan Pemkab SBT

AMBON,MALUKU – Constansius Kolatfeka,salah satu Anggota DPRD Maluku dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menyarankan, agenda Mangente yang digagas dan diprakarsai oleh anak-anak muda SBT dari Watubela,Kesui dan Teor (Wakate) dan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yakni Dinas Pariwisata dan dukungan para Anggota DPRD kabupaten SBT  asal dari Wakate,sebaiknya menjadi agenda tahunan pemerintah setempat.

Menurut politisi Gerindra ini,berawal dari Mangente Wakate yang sedianya terlaksana di akhir tahun 2019 ini,akan menjadi tolak ekslore potensi wisata,budaya dan kuliner di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut.

“Sebaiknya,agenda Mangente yang di gagas Pemkab SBT,menjadi agenda tahunan.Dan, anggarannya diatur dalam APBD kabupaten. Berawal dari Mangente Wakate di akhir tahun 2019 mendatang ini,menjadi tolak ukur munculnya gagasan dan ide Mangente-Mangente lainnya di tahun mendatang. Misalnya, Mangente Werinama,Mangente, Kelimury,Mangente Geser ataupun Mangente Gorom,”sebut Mantan Ketua LSM Kalesang Maluku ini,Jumat siang (01/03/2019) di Ruang Komisi A,DPRD Maluku.

Khusus Mangente Wakate, substansinya, memperkenalkan Wakate kepada publik, mulai dari kampung Watubela Kesui dan Teor (Wakate).Membangun dan kenalkan kampung untuk Maluku, Indonesia dan internasional, bagaimana melihat keberadaannya,baik sisi geografis,sumber daya manusia,sumber daya alam,penduduk dan sosial budaya ,juga pariwisata lebih ke situ.

Lebih lanjut Constansius katakan,sebagai wilayah 3T sebagai satu kegiatan untuk menarik perhatian wilayah pinggiran dengan mengkonsentrasikan semua pihak,sangat strategis membangun SBT dari Wakate.

Dirinya menilai,adanya momen Mangente Wakate ,akan memperkenalkan kearifan lokal dan komoditas unggulan di sana.Selain itu, budaya pela gandong,potensi perikanan luar biasa, belum di garap secara maksimal.Juga ,rempah cengkeh dan pala. Namun ,terkendala akses transportasi dari sisi peningkatan ekonomi.

“Sebagai pribadi dan pemuda SBT asli anak Wakate, memberikan apresiasi dan dukungan, untuk terlaksananya Mangente Wakate di akhir tahun 2019 ini.Juga, bisa tentatif, tergantung kebijakan anggaran daerah karena pemkab turut mensupport sukseskan kegiatan dan di konkritkan secara riil.Saya juga bangga dengan gagasan dan ide kreatif dari anak-anak muda SBT secara umum dan Wakate secara khusus atas ide brilian ini,”tuturnya.

Dirinya berharap ,pernyataan Bupati bukan hanya bentuk kata-kata. Tetapi ,dalam kebijakan anggaran oleh pemkab dan DPRD SBT, alokasi dana cukup. Karena ,mengcover 3 pulau.Diantaranya, Watubela sekitar 2000 an penduduk,Kesui 7000 dan Teor 4000 an penduduk.Adanya momen tersebut,tentu menarik perhatian berbagai pihak untuk pengembangan wilayah Wakate. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top