Kota Ambon

Sambut Hari Sampah Nasional, Dinkes Ambon Bersih Lingkungan Hingga Beri Bubuk Abate

received_300506013868875

Ambon,Maluku– Dalam rangka pencanangan hari Sampah Nasional,  Dinas Kesehatan Kota Ambon melakukan pembersihan lingkungan hingga pemberian bubuk abate kepada warga kota.

” Salah satu cara membasmi sarang nyamuk adalah dengan kerja bakti,nah tadi kita sudah sama- sama dalam rangka Pencanangan Hari Sampah Nasional kita bersihkan pantai kemudian selain itu kerja bakti kami langsung jalan ke rumah-rumah warga di derah Halong Kecamatan Baguala untuk memberikan bubuk abate ,” ungakap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupesy kepada INTIM NEWS, Jumat (01/02/2019).

Seperti kita ketahui bersama kota Ambon saat ini dalam keadaan waspada darurat DBD oleh karena itu Dinkes kota Ambon turun langsung membagikan bubuk abate.

“Abate diberikan agar dapat ditaburi di  tempat penampungan air yang terbuka. sedangkan untuk air minum, kita sarankan untuk menuntupnya,  agar nyamuk tidak mudah masuk dan bertelur di tempat itu,” Ungkap Kadinkes.

Dia berujar,  kesadaran untuk membuang Sampah pada tempatnya,  masih belum dilakukan oleh warga kota.

Tak ayal selokan juga jadi tempat pembuangan Sampah oleh masyarakat.

” Nah ini yang harus kita himbau kepada masyarakat agar bisa membersihkan lingkunngan,karena penyakit yang bersumber lingkungan bukan hanya DBD melainkan juga malaria,sampai dengan kencing tikus juga dapat menyebabkan penyakit. Apalagi pada musim pancaroba seperti ini,”pungkasnya.

Tak hanya Dinas Kesehatan, seluruh Puskesmas yang ada di kota Ambon juga serempak membersihkan lingkungan di daerah kerja masing masing.

 “Kalau misalnya masyarakat yang belum mendaptkan bubuk abate bisa langsung ke puskesmas-puskemas terdekat untuk mendapatakan dengan cuma- cuma,” Imbaunya. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com