Maluku Tenggara

Sambangi Setiap Kecamatan Hanubun Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

fc2b2a213bbf1d2e868d364ae4a0b376.0

MALRA,MALUKU – Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), melaksanakan penyuluhan Kamtibmas keliling ke 11 kecamatan, yang tersebar di Kabupaten Malra.

Penyuluhan itu, bertujuan guna memberikan pemahaman tentang pentingnya kesadaran masyarakat,untuk terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dalam menghadapi pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang dengan aman, sejuk dan lancar.

Pantauan INTIM NEWS, penyuluhan yang diprakarsai oleh Kesbangpol Kabupaten Malra, menghadirkan para narasumber yakni, Bupati Malra M. Thaher Hanubun, Wakapolres Malra Denny Ubro, Kasdim 1503 Malra Udin Rosidi, para Tokoh Agama dan para Raja, yang dipandu oleh moderator Plt Kesbangpol, Martinus Mon.

699448069a6f86d3a7054148ff8d2798.0

Bupati M. Thaher Hanubun mengingatkan, pentingnya keamanan dan kedamaian di tengah masyarakat, menjelang Pemilu serentak tahun 2019.

“Keamanan, kedamaian, persatuan dan persaudaraan di daerah ini perlu kita jaga, jelang pelaksanaan Pemilu mendatang.Mari kita tunjukkan , Malra memiliki nilai-nilai Adat yang mengajarkan tentang Cinta Kasih,” ungkap Hanubun, saat memberikan arahan Kamtibmas, menjelang Pemilihan Presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Maluku dan DPRD Malra tahun 2019.

Thaher menyatakan, perbedaan pilihan merupakan aset untuk memperkaya pikiran-pikiran yang baik ke depan.

Ia mencontohkan Pilkada tahun 2018, dimana setelah usai maka Bupati dan Wakil Bupati di daerah ini,bekerja untuk kesejahteraan semua masyarakat, bukan hanya untuk kelompok tertentu.

“Jadi, masyarakat diharapkan mampu menjaga situasi keamanan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan hingga Ohoi. Dengan demikian, masyarakat juga turut membantu pihak keamanan, baik Kepolisian maupun TNI ,di wilayah masing-masing,” katanya.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, tuturnya, banyak keributan terjadi akibat adanya pesta-pesta joget yang didalamnya, pasti ada perempuan dan laki-laki dan pasti ada minuman keras.

“Karena itu, setiap pesta perlu ada ijin keramaian dari Kepolisian. Kalau tidak ada, Kepala Ohoi punya hak untuk mencegat dan kalau ada ijin maka, pihak kepolisian mempunyai kewajiban untuk keamanan,” pintanya.

Bupati juga mengimbau masyarakat ,untuk menggunakan hak pilih dengan  sebaik- baiknya, sesuai hati nurani.

“Khusus pemilihan anggota DPRD Malra, masyarakat dapat memilih yang mereka nilai benar-benar dapat mewakili dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, untuk pembangunan daerah ini ke depan,”tegas Hanubun.

Senada dengan Bupati, Wakapolres Malra Denni Ubro menambahkan, gangguan kamtibmas di daerah ini , sering diakibatkan generasi muda yang masih terus mengkonsumsi minuman keras (Miras), terutama di kalangan milenial saat ini.

“Karena itu, Saya ingatkan jika masyarakat lebih khusus anak muda di kota Tual dan Malra, jika tidak ingin berurusan dengan hukum, maka jauhilah Miras karena penyebab permasalahan terbesar dikarenakan minuman keras,” ajaknya dengan tegas.

Wakapolres menyatakan, gangguan kamtibmas juga dapat terjadi, akibat pemanfaatan media sosial (Medsos), sehingga pengguna harus bijak dalam memanfaatkan medsos.

“Teliti kebenaran sebelum share sebuah informasi, berita bohong, hoax yang menyebabkan keresahan di tengah masyarakat, mari bersama -sama kita lawan Hoax dan informasi yang menyesatkan,” tegas Ubro.

Sementara itu, pada kesempatan yang saja,Kasdim 1503 Malra Udin Rasidi mengungkapkan, kondisi keamanan diyakini terutama ,di daerah ini dapat terjaga jika masyarakat Kei menjalankan falsafah hidup, Ain Ni Ain, yang mengajarkan tentang cinta dan kasih sayang antar sesama saudara.

Falsafah hidup masyarakat Kei yang kuat ini,katanya sejalan dengan Pancasila maka perlu terus di pegang teguh.

da67a78be10b4a50b20284c701bc4605.0

“Masyarakat jangan terpengaruh dengan kegiatan yang tidak jelas, yang dapat mengganggu kamtibmas, karena tentunya akan berhadapan dengan aparat keamanan,” tandasnya.

Penyuluhan Kamtibmas diakhiri dengan Ikrar bersama,dengan deklarasi pemilu aman ,damai dan sejuk.

Diketahui,penyuluhan kamtibmas diawali dari Ohoi Letman Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Malra dan dilanjutkan ke Ohoi Rumadian Kecamatan Manyeu, Kecamatan Kei Kecil Timur di Ohoi Rumat dan Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan di Ohoi Danar. Selanjutnya, sosialisasi yang sama juga ke kecamatan Kei Kecil Barat dan Kecamatan Hoat Sorbay, Rabu (06/02/2019).

Selain itu tema yang diusung yakni,” Melalui Penyuluhan Kamtibmas Kita Bersinergi Membangun Maluku Tenggara Yang Sejuk, Aman & Damai Dalam Bingkai Ain Ni Ain Demi Suksesnya Pemilu Presiden dan Legislatif Tahun 2019. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com