Buru Selatan

Polisi Bersenjata Lengkap Amankan Pelantikan Kades Labuang-Bursel

received_418882465321221

NAMROLE,MALUKU- Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa melantik kepala Desa (Kades) Labuang terpilih periode 2019-2025, Muhammad Rentua (Mato), berlangsung di aula kantor bupati lama, Selasa (19/2/2019).

Pelabtikan itu  dijaga ketat aparat kepolisian Polsek Namrole bersenjata lengkap.

Mato dilantik dengan Surat Keputusan Bupati Buru Selatan Nomor 130/17 Tahun 2019 Tentang Pengesahan Pemberhentian Pejabat Kepala Desa Dan Pengangkatan Kepala Desa Labuang Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

received_321952021787761

Bupati Bursel dalam sambutannya berpesan kepada kades terpilih agar dapat merangkul para calon kades yang kalah saat berkompetisi denganya dalam memperebutkan kursi orang nomor satu di tingkat pemerintahan desa itu.

“Setelah pelantikan saudara segera melakukan konsolidasi dengan para peserta calon kepala desa yang beberapa waktu lalu melakukan kompetisi dalam pelaksanaan pilkades desa labuang untuk bersama-sama memberikan sumbang pikiran dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pemabangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tagop.

Tagop katakan, konsep pembangunan desa yang nantinya tertuang dalam RPJM Desa membutuhkan dukungan dari seluruh stake holder untuk memperoleh konsep perencanaan menyeluruh yang aspiratif.

Dikatakan Tagop, seiring dengan berlakunya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, mengatur kewenangan desa untuk dapat berdiri sendiri menuju kesejahteraan bagi warganya.

Terkait dengan itu, lanjut Tagop, pemaknaan desa dengan otonomi yang bersifat asli dan berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyrakat berdasarkan asal usul dan adat istiadat desa setempat.

“Selaku kepala desa harus mampu menggali, mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyrakat,” ujarnya.

Ditegaskan, kepala pemerintahan di desa, kata Tagop kepala desa juga dituntut harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dalam menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di desanya serta mampu mendorong dan menggerakan partisipasi masyarakat untuk partisipasi serta dalam menjamin keberhasilan pembangunan desa.

Lanjut bupati dua periode ini seraya berharap, kepada kepala desa yang baru dilantik agar mampu menjaga netralitas sebagai pucuk pimpinan desa dan tidak terlibat dalam agenda politik yang tinggal menghitung hari ini, sehingga proses politik yang berlangsung di Desa Labuang dapat berjalan dengan baik dan aman.

received_418882465321221

“ Menghadapi momen politik kali ini saudara harus membantu aparat keamanan dalam menjaga situasi dan kondisi yang aman di desa yang saudra pimpin. Lakukan komunikasi dengan seluruh pihak untuk menjaga kestabilan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat desa labuang agar proses politik dapat berjalan lancar, aman dan terkendali,” tegas Tagop.

Hadir dalam acara pelantikan itu, Assisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Alfario Soumokil, Kabag Pemerintahan Ridwan Nyio, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bursel, Kapolsek Namrole AKP. Yamin Selayar, Camat Namrole Abas Lesnussa, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat Desa Labuang. (IN-01/NAR)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com