Maluku

Pileg 2019,Nasdem-Hanura Bakal Cetak Sejarah Baru Di Maluku

c2ec9ed38921aecc434f3ce090c0028f.0

AMBON,MALUKU – Perhelatan Pemilihan Anggota Legislatif DPR RI serta DPRD kabupaten dan kota, semakin mendekati masanya.

Sekedar tahu,16 partai politik dan para Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat,atau lebih trend dengan istilah calon legislatif (caleg),semakin berpacu dalam meningkatkan elektabilitas,demi mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Diantara sejumlah nama besar, terdapat dua nama Calon Anggota DPR RI yang semakin hari mengalami trend baik dan positif dikarenakan kenaikan jumlah dukungan dari masyarakat. Yakni, Abdulah Tuasikal dari partai Nasdem dan Gerry Habel Hukubun dari partai Hanura daerah pemilihan (dapil) Maluku.

Hasil ini,diungkapkan oleh Direktur Media Riset Strategi Bedah Nusantara, Steve Palyama, di Ambon.

Menurut Steve, sejumlah nama besar yang maju dalam kontestasi pileg tahun 2019 ini, memang terlihat berpeluang menjadi wakil rakyat di Senayan. Akan tetapi,dari sejumlah nama besar yang ada, terdapat dua nama pendatang baru yang memiliki trend positif dan tingkat elektabilitas yang dapat membuat mereka melenggang ke Senayan.

“Memang, ada sejumlah nama besar yang berpeluang menjadi wakil rakyat di Senayan ,Jakarta.Akan tetapi, berdasarkan hasil survei kami, kami mendapati fakta bahwa terdapat dua nama yang berpeluang besar mencetak sejarah baru dalam kontestasi pileg 2019 nanti, yaitu, Abdullah Tuasikal dari partai Nasdem dan Gerry Habel Hukubun dari partai Hanura, ” ungkapnya kepada INTIM NEWS,Minggu (17/02/2019).

Berdasarkan hasil survei lembaga kami,sebutnya, terhadap 1.200 responden pada 11 kabupaten dan kota di Maluku, dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,46 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen, kami mendapati fakta data bahwa, Abdulah Tuasikal dari partai Nasdem menduduki peringkat pertama perolehan dukungan terbanyak sementara ini, dengan besaran 5,41 persen.Sedangkan Gerry Habel Hukubun dari partai Hanura, menduduki peringkat keempat untuk sementara ini, dengan perolehan dukungan sebesar 4,41 persen.

” Dari data yang kami dapati tersebut, maka kami berpendapat, bahwasannya dalam kontestasi pileg 2019 ini, Partai Nasdem dan partai Hanura, berpeluang besar untuk mencetak sejarah baru, lewat wakilnya di DPR RI nanti, yakni lewat Abdulah Tuasikal dan Gerry Habel Hukubun,”terangnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dengan memperhatikan empat kursi DPR RI dapil Maluku lima tahun lalu, yakni PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra dan PKB, dan membandingkan dengan data hasil survei kami serta, mempertimbangkan hasil kajian dan analisa terbatas, soal perkembangan para caleg DPR RI dapil Maluku sejauh ini, dan jika hal ini tidak mengalami perubahan, maka kami dapat memberikan pendapat, akan sangat mungkin terjadi sejarah baru atau dengan kata lain, akan sangat mungkin terjadi rotasi pada kursi DPR RI Dapil Maluku pada pileg 2019 nanti, dengan hadirnya partai Nasdem dan Hanura di Senayan.

Steve mengungkapkan, hal ini sangat besar kemungkinannya untuk terjadi. Sebab, secara indikator, kedua figur Abdulah Tuasikal dari partai Nasdem dan Gerry Habel Hukubun dari partai Hanura,memiliki sejumlah variabel yang mampu mendongkrak bahkan ,menaikan elektabilitas mereka dan simpati masyarakat untuk memilih mereka.

” Abdulah Tuasikal dari partai Nasdem dan Gerry Habel Hukubun dari partai Hanura, memiliki sejumlah variabel dan indikator yang sangat terukur juga masif.Hal-hal tersebutlah, yang menyebabkan tingkat dukungan serta elektabilitas mereka kian hari kian meningkat,”jelasnya.

Akan tetapi, katanya lagi, waktu yang ada masih cukup untuk terjadinya sebuah perubahan terhadap formasi yang ada, tergantung bagaimana treatmen dan strategi para caleg DPR RI dapil Maluku, serta kerja masif dari partai pendukung. Sebab tanpa kerja cerdas dan terukur maka, hasilnya tentu akan sia-sia, bahkan kami pun masih terus melakukan kajian dan survei, untuk dapat memberikan data akhir menjelang perhelatan pileg yang tinggal menghitung hari.

” Kami masih tetap melakukan kajian, analisa dan survei lanjutan terhadap hasil yang ada, untuk mengukur apakah akan adanya perubahan ataukah tidak.Sehingga dapat memberikan data dan fakta baru,terhadap proses dan peluang dari para caleg DPR RI dapil Maluku.Yang paling penting dalam hal ini bahwa, kami sama sekali tidak pernah melakukan kerja-kerja survei pesanan asal bapak senang atau dengan kata lain, membuat data abal-abal. Kami sama sekali tidak pernah disponsori oleh pihak manapun, walaupun kami tidak menutup diri jika ada pihak yang ingin menggunakan jasa kami secara profesional dan kami sangat menjunjung tinggi nilai kredibilitas dan integritas sebuah kebenaran,” tegasnya sembari mengakui.(IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com