Ekonomi

Bimbel PKN-STAN,Di Sambut Apresiasi Pemda Malra

7756b4f6e6813483708b494c81fe41ee.0

MALRA,MALUKU – Pembukaan bimbingan belajar (bimbel) siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se derajat di Kepulauan Kei,di sambut apresiasi oleh pemerintah daerah (pemda) dalam rangka pembinaan SDM terpadu, menuju sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN -STAN).

Bimbel yang tergabung dalam Kemenkeu Muda dan di prakarsai oleh Kantor Pengawasan,Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tual -Malra, selain mendapat apresiasi,juga dapat dukungan dari pemda setempat.

d93635fbc2e8f9b8e8350ad368623bcb.0

“Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi -tingginya, kepada jajaran Kemenkeu Muda Kepulauan Kei yang telah menunjukkan kepedulian dan perhatian kepada siswa-siswi Kepulauan Kei,untuk turut serta mengambil bagian di PKN-STAN,”kata Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra), Petrus Beruatwarin, di Pendopo Walikota Tual, Rabu (27/02/2019).

Menurutnya,pembinaan SDM terpadu yang diselenggarakan oleh Kemenkeu Muda Kepulauan Kei,menjadi momentum penting bagi siswa-siswi Kepulauan Kei, untuk menentukan masa depan lewat pendidikan yang berkualitas, pada Kementerian Keuangan RI, melalui Politeknik Keuangan Negara STAN, patut diapresiasi.

“Saya sungguh terharu, mengingat dalam catatan Saya, baru kali ini pimpinan institusi resmi pemerintah pusat di daerah, menunjukkan kepedulian bagi kedua daerah ini, dalam upaya mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan turut memberikan kesempatan yang besar, bagi putra-putri asal Kepulauan Kei, untuk mengenyam pendidikan tinggi pada PKN-STAN,” ungkap Beruatwarin.

Di akui Beruatwarin, untuk masuk Sekolah Tinggi ini ,membutuhkan kerja keras dan semangat yang tinggi.Karena proses seleksi yang sangat ketat, sehingga mampu memberikan jaminan kualitas lulusannya.

“Perguruan Tinggi Kedinasan seperti PKN STAN, tentunya memberikan jaminan masa depan dan pola karier yang terstruktur serta mampu memenuhi kebutuhan lulusan dimasa yang akan datang.Untuk itu, para calon siswa-siswi, harus mampu bersaing dengan daerah lain,”pintanya.

Bukan rahasia lagi,tuturnya, bahwa aparatur yang bekerja di sektor keuangan, tentu memiliki penghasilan di atas rata-rata ASN lainnya. Hal ini tentu, mengandung konsekuensi yang besar yakni, tuntutan kerja yang lebih ekstra dan pengetahuan yang lebih baik.

“Saya berharap, kiranya siswa-siswi peserta bimbel harus dapat memacu diri dan bersemangat, memiliki motivasi tinggi, giat berusaha, sehingga mereka jauh lebih siap, karena nantinya mereka akan bersaing dengan peserta lain di seluruh Indonesia,”harapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama , Kepala Kanwil DJBC Maluku yang juga merupakan Alumni PKN-STAN 1993 Finari Manan mengungkapkan, tujuan Program Pembinaan SDM Terpadu ini , semata-mata untuk mempersiapkan, melatih, menggembleng sehingga para siswa-siswi kita benar-benar mampu mempersiapkan diri ,untuk menjadi bagian dari PKN-STAN dan selanjutnya kemudian para siswa dan siswi disini, menjadi bagian dari Kementerian Keuangan.

Disebutkan Finari,PKN-STAN merupakan sekolah kedinasan yang tidak memungut biaya apa pun,selama pelaksanaan kuliah (gratis).Selain itu,kelebihan lain dari PKN- STAN adalah ,lulusannya akan langsung di angkat menjadi PNS di beberapa Kementerian dan Lembaga.

“Saya sangat yakin 120 siswa-siswi yang terpilih ,akan mampu bersaing dengan para siswa-siswi di daerah lain, dalam memperebutkan kursi di PKN-STAN. Manfaatkanlah program Pembinaan SDM terpadu ini, dengan sebaik-baiknya untuk persiapan dalam menghadapi ujian masuk PKN-STAN,”ujar Finari.

b366cf9fc8a363f431b913082d55a46c.0


Tahun 2018,tambahnya, Kantor Bea Cukai Tual dan Malra, dengan persiapan seadanya, telah mampu meloloskan 2 Siswa terbaik dari Tual dan Maluku Tenggara ke PKN-STAN, dengan Program Afirmasi. Hal ini membuktikan, siswa-siswi di Kepulauan Kei mampu untuk bersaing dengan daerah lain, dalam memperebutkan kursi di PKN-STAN.

“Kami juga berharap kepada para Kepala Daerah, Kepala Dinas, dan Para Kepala Sekolah, untuk menyebarkan informasi tentang PKN – STAN kepada para siswa-siswi sejak dini, bila perlu sejak Kelas 1 SMA. Sehingga, mereka benar-benar siap menghadapi persaingan, dalam proses masuk PKN-STAN,”pungkasnya sembari berharap.

Diketahui,turut hadir dalam giat tersebut, Staf Ahli Kementerian Perhubungan RI Chris Kuntadi, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Keuangan Dini Kusmayanti, Kepala Kantor Bea dan Cukai Tual. M. Anshor. Selain itu, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual serta Kepala Sekolah dan siswa-siswi peserta Bimbel. (IN-09)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com