Hukum & Kriminal

Anggotanya Dikeroyok,Bawaslu Maluku Bersama Beberapa LSM Perempuan Bersikap

IMG-20190227-WA0004

AMBON,MALUKU – Mengetahui Benedikta Yanubi dikeroyok,Bawaslu Maluku bersama beberapa LSM Perempuan Maluku bersikap. Pengeroyokan di duga dilakukan, oleh keluarga dari oknum Calon Legislatif (Caleg) kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Yakni,Maria Rumajak dan Elisabet Bomaris adalah isteri dan anak dari Seprianus Bomaris.

“Saudara Benedikta Yanubi adalah seorang perempuan yang bertugas sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa Lorwembun, Kecamatan Kormomolin. Benedikta menemukan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu yang dilakukan oleh Seprianus Bomaris, dalam kasus pembagian bingkisan Natal dan Tahun Baru 2019,”jelas Astuty  Usman, Komisioner Bawaslu Maluku, Selasa (26/02/2019), di Kantor Pengawas Pemilu itu.

Atas tindakan amoral layaknya preman tersebut, Bawaslu bersama perempuan yang tergabung dalam Solidaritas Penegakan Hak Perempuan Maluku menyatakan sikap tegas yang tertuang dalam 12 item pernyataan,guna pengawalan lebih lanjut agar kasus pengeroyokan dapat diselesaikan dan terduga pelaku di proses sesuai Undang-Undang dan hukum yang berlaku,bagi ketiga orang ini yakni caleg yang bersangkutan bersama isteri dan anaknya.

Sekedar tahu,kasus pembagian bingkisan Natal dan Tahun Baru 2019,melanggar larangan dalam kampanye yang tertuang dalam Pasal 280 Ayat (1) huruf (J) tahun 2017 tentang Pemilu.Alhasil,ancaman pidananya diatur dalam Pasal 523 ayat (1) UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kasus tersebut ,sementara diproses oleh Gakkumdu kabupaten MTB.Kami akan mengawal terus hingga ada penyelesaian dan penindakan tegas dari aparat keamanan yang berwenang,bagi pelaku pengeroyokan serta tersangka caleg Seprianus Bomaris yang secara nyata melanggar tindak pidana Pemilu juga ada tindakan tegas oleh Gakkumdu MTB,”tegasnya.

Solidaritas Penegakan Hak Perempuan Maluku yang menyatakan sikap bersama Bawaslu Maluku antara lain,Fatayat NU Kota Ambon dan Maluku,Kohati HMI Ambon dan Kohati Badko HMI,Komnas HAM Maluku, BKMT, P2P2A Maluku, Yayasan Walang Perempuan Maluku, Yayasan Peduli Inayoma Maluku dan Yayasan Arika Mahina Maluku . (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com