Kota Ambon

Pelantikan Saniri Negeri,Di Warnai Aksi Protes Masyarakat Silale

b400eb680af62261ce63e4fcec19e87c.0

AMBON,MALUKU – Pelantikan Saniri Negeri beberapa Negeri di Kota Ambon, oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy, diwarnai aksi penolakan oleh sejumlah masyarakat negeri Silale. Aksi tersebut, berlangsung di Lapangan Pattimura Park Ambon, Rabu (29/01/2019).

Welem Tehupuring salah satu penggagas aksi, saat berkomunikasi langsung dengan Walikota Ambon Richard Louhenapessy meminta,untuk membatalkan pelantikan karena ,dinilai berjalan secara sepihak.

Menurut Welem, karena tidak melibatkan keluarga Loppies ,bahkan tidak ada pemberitahuan atau rapat kepada masyarakat dan hanya melibatkan dua keluarga yakni, Tehupuring dan Kailola.

“Tanpa ada pemberitahuan kepada kami,tiba-tiba saja kami mendengar kalau hari ini ,mereka akan di lantik oleh Walikota,”ungkap Welem dengan nada heran.

e5a5062169787cc6edc1339c2d831433.0

Menyikapi hal ini, Walikota bersama dengan Wakil Walikota dan Sekretaris kota Ambon, d juga melibatkan pemerintah dan pejabat negeri Silale dan Saniri negeri termasuk juga perwakilan masyarakat, langsung malakukan pertemuan terbatas.

Hasil dari pertemuan itu, ternyata Walikota tetap melakukan proses pelantikan, dengan ketentuan akan tetap mengakomodir aspirasi dari masyarakat Silale agar dapat melakukan revisi , tentunya dengan melibatkan keluarga Loppies.

“Dalam hal ini ,Pemerintah kota Ambon tidak memiliki keterkaitan dengan adat apapun, pada setiap negeri. Saya tidak ingin mengotori tangan dengan melakukan intervensi pada negeri adat,”terangnya dengan singkat. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com