Hukum & Kriminal

Imigrasi Kelas I TPI Ambon Terapkan 4 Program Inovatif Unggulan

49828857_2286463794969462_8038322424527192064_n

AMBON,MALUKU – Kantor Imigrasi  Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi  (TPI) Ambon di tahun 2018,menerapkan  empat program inovatif unggulan .Hal ini disampaikan oleh Afrizal,selaku  Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, kepada INTIM NEWS,Senin  sore (14/01/2019).

“Inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan selama tahun 2018 adalah sebagai berikut,pertama,Layanan Paspor Simpatik,menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke 68 tahun 2018,yaitu,layanan paspor walk-in (datang langsung ke kantor  Imigrasi),tanpa melalui layanan antrian online yang dilaksanakan pada hari Sabtu,”sebut Afrizal.

Kedua,bebernya,kerjasama kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,dengan PT.Pos Indonesia,terkait penyediaan layanan pembayaran PNBP dan pengiriman paspor di kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon.Ketiga,Layanan Paspor Mobile Haji,adalah fitur pelayanan dengan sistem  jemput bola (mobile),terkhusus bagi calon jemaah haji yang berdomisili di kabupaten terluar kota Ambon,bekerja sama dengan kantor Kementerian Agama.

Keempat,ungkapnya,pelayanan publik  berbasis HAM yang diperuntukan bagi kaum disabilitas.lansia dan orang sakit.Menurutnya,pelaksanaan tugas pokok  dan fungsi kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon tahun 2018,telah mencapai target yang cukup menggembirakan.

49273727_634280507007941_2099930650566983680_n

Hal ini,kata dia,terlihat dari capaian kinerja masing- masing seksi maupun bagian yang secara konsisten  dapat melaksanakannya,baik hingga berakhirnya tahun anggaran 2018,sebagai upaya telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas  pelaksanaan tugas.

“Peningkatan kualitas kinerja,dapat dilakukan di jajaran kantor  atas dasar dukungan berbagai pihak,khususnya komitmen pimpinan yang bisa dijadikan pegangan sebagai ,suatu bentuk pedoman bagi aparatur pelaksana di lapangan,’ujar Afrizal.

Dirinya mengaku,namun demikian bukan berarti terhindar dari kendala atau persoalan yang meliputi pelaksanaan tugas.Akan tetapi,hal tersebut dijadikan sebagai suatu tantangan untuk meraih peluang kea rah yang lebih baik.

Berkenaan dengan itu,tambahnya,kantor Imigrasi Kelas  I TPI Ambon,terus menerus  melakukan pembenahan dan perbaikan.Sehingga,kinerja dan pelaksanaan  tugas kantor  ini di tahun mendatang,akan lebih baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Sekedar tahu,beberapa aksi  atau target kinerja tahun 2018,Direktorat Jenderal Imigrasi yang telah di jalankan oleh kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,antara lain,pertama,penguatan pengawasan keimigrasian melalui penguatan tim Pengawasan Orang Asing  (PORA).Kedua,pelaksanaan penegakan hukum di bidang keimigrasian.

Ketiga,peningkatan pengawasan orang asing berbasis IT.Keempat,penguatan peran Kepala Divisi Keimigrasian ,terhadap pencegahan TKI non prosedural  di kantor  Imigrasi Kelas I TPI Ambon dan tempat pemeriksaan imigrasi.Kelima,pelaksanaan tugas pokok  dan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi yang tercermin dalam satuan kerja di lingkungan kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon. (IN06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com