Kota Ambon

Tiga Pilar Kamtibmas Gelar Apel Siaga

49592387_321471771911221_7526799795327860736_n

AMBON,MALUKU –  Dalam rangka peningkatan sinergitas tiga pilar ,dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di kota Ambon, Tiga Pilar Kamtibmas yang terdiri dari, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Raja se kota Ambon,menggelar apel bersama ,Jumat (28/12/2018) di Lapangan Merdeka, Ambon.

Apel tersebut dilakukan,lantaran dengan melihat kondisi bangsa saat ini yang selalu mengalami tantangan, dengan adanya pandangan dan tindakan yang mengancam,adanya sikap-sikap tidak toleran yang mengusung ideologi  lain selain Pancasila, penyalahgunaan media sosial oleh berita bohong dan ujaran-ujaran kebencian yang tidak sesuai denga ideologi bangsa kita.Maka, diperlukan kerjasama dan peran aktif dari semua pihak, baik TNI,POLRI,maupun pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan,tiga pilar merupakan kekuatan yang selalu harus dipelihara dan ditingkatkan mulai dari tingkat kabupaten/kota,kecamatan sampai ke tingkat desa/negeri/kelurahan, untuk mewujudkan keamanan,ketertiban,dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Sinergitas yang dibentuk ini, bukan hanya sebagai sebuah slogan atau uforia semata,namun dalam bentuk nyata dilakukan berbagai kegiatan ynag terkoordinasi dengan baik,”ungkapnya.

Lanjutnya,sinergitas itu sendiri berasal dari kata sinergi yang berarti kegiatan,hubungan,kerjasama sehingga sinergitas adalah, kerjasama unsur atau bagian dari fungsi  atau instansi atau lembaga yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar, dari pada dikerjakan sendiri.

“Itulah yang disebut dengan sinergitas yakni, saling mengasihi dan melengkapi perbedaan, untuk mencapai hasil ynag lebih besar,”tuturnya.

Peserta yang hadir pada apel tersebut,berasal dari unsur-unsur Babinsa,Bhabinkamtibmas,Satuan Polisi Pamong Praja,Satuan Perlindungan Masyarakat,Aparatur Perhubungan,Pemadam Kebakaran,Taruna Siaga Bencana,Perangkat Kewilayahan dan Pramuka.

Walikota menambahkan,sinergitas yang baik dari tiga pilar ditingkat kecamatan dan desa/negeri/kelurahan,yakni Camat,Kapolsek dan Dandramil,serta kepala desa, kepala pemerintah negeri/lurah/bhabinkamtibmas dan babinsa ,menjadi kunci utama mewujudkan situasi  yang kondusif di masing-masing wilayah.

Dia berharap,dengan keberadaan tiga pilar ini khususnya,di tingkat desa yang lebih dekat dengan masyarakat, mampu menjaga stabilitas wilayahnya, dengan memberikan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman,serta mampu mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com